0




Ilustrasi  (Foto:Qerja.com)
Industrialtimes.net- Saat akan masuk ke universitas tentunya Anda biasanya dihantui pertanyaan, apakah jurusan yang Anda pilih akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan? Atau Anda akan menghadapi banyak saingan karena jurusan yang Anda pilih cuma punya sedikit kesempatan kerja?

Daripada galau dan khawatir, silakan cek tujuh jurusan kuliah dengan lapangan kerja paling luas berikut ini. Beberapa diantaranya merupakan hasil survei yang dilakukan Higher Education Statistics Agency (HESA) di Inggris yang dikutip oleh Telegraph.

1. Jurusan Pendidikan

Salah satu jurusan yang punya kesempatan tinggi dalam mendapatkan pekerjaan adalah jurusan pendidikan. Minimnya tenaga pengajar di negara kita menjadi faktor penting kenapa jurusan ini membuka lapangan kerja yang lumayan luas, terutama bila Anda memiliki bakat terpendam sebagai pendidik.

Menjadi guru memang salah satu pekerjaan yang terhormat di Indonesia. Selain itu kondisi kesejahteraan guru diprediksikan semakin meningkat dengan berbagai tunjangan dan kemudahan lainnya.

2. Jurusan Pertanian

Indonesia yang merupakan negara agraris seharusnya menjadi lumbung pangan dunia. Namun sayangnya yang tertarik untuk berkonsentrasi di bidang ini tidak banyak karena dianggap kurang elite dibanding jurusan kuliah lainnya. Padahal, jurusan ini membuka lapangan kerja yang cukup luas.

Lulusan jurusan pertanian bisa langsung diterima menjadi penyuluh pertanian, peneliti pertanian, pendidik pertanian, ahli tanaman, ahli budidaya, dan lain-lain.

3. Jurusan Teknik Informatika

Di era teknologi internet seperti sekarang ini, jurusan teknik informatika menjadi idola banyak orang karena dianggap lulusannya paling mudah mencari pekerjaan. Meskipun persaingan untuk bisa menembus fakultas informatika juga tidak mudah, namun lulusannya akan mendapatkan pekerjaan yang bergengsi dan bergaji tinggi.

Lulusan jurusan informatika kini banyak dicari bukan hanya untuk perusahaan start-up, tetapi juga untuk perusahaan terkemuka, dan badan rahasia negara!

4. Jurusan Hukum

Masalah hukum yang tak akan pernah ada habisnya membuat jurusan ini banyak diminati. Selain terkesan keren dan berkelas, lulusan jurusan hukum juga memiliki banyak kesempatan bekerja di berbagai bidang. Kelebihan lainnya? Gajinya juga lumayan tinggi.

Lulusan jurusan hukum bisa berkarir menjadi pengacara, polisi, notaris, militer, bahkan juga pegawai negeri sipil (PNS).

5. Jurusan Akuntansi

Bidang akutansi atau pada zaman dahulu disebut tata buku, adalah jurusan yang mempelajari segala hal yang berhubungan dengan pencatatan keuangan. Menariknya, jasa lulusan jurusan akutansi ini banyak dibutuhkan oleh semua bidang usaha karena semua perusahaan pasti membutuhkan jasa pencatatan keuangan. Karena pentingnya, lulusan jurusan ini tidak akan lama-lama menganggur.

6. Jurusan Kedokteran

Benar. Jurusan ini juga membuka kesempatan kerja yang sangat luas untuk lulusannya. Memang sih untuk menjadi dokter tidaklah mudah karena Anda harus bersekolah lama dengan biaya yang cukup besar, namun it’s worth it. Saat lulus, Anda akan kebingungan dengan tawaran kerja yang bejibun.

7. Jurusan Bahasa

Anda salah jika menyepelekan jurusan yang satu ini karena lapangan kerja untuk lulusannya cukup luas membentang. Hal ini lebih lagi jika Anda berkonsentrasi pada jenis bahasa yang lagi booming di dunia perbisnisan, seperti bahasa Korea, Jepang dan Cina, atau bahasa yang jarang diketahui orang seperti bahasa Rusia, Arab, dan lain-lain.


Banyak perusahaan multinasional atau lembaga internasional yang mencari orang-orang ahli bahasa untuk bekerja dengan mereka. Bahkan terkadang gajinya lebih besar dari bidang lainnya.



Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/01/01/65/1278949/tujuh-jurusan-kuliah-dengan-lapangan-kerja-terluas?page=2

Posting Komentar

 
Top