0
Ilustrasi


Industrialtimes.net -  Seperti kita ketahui, sebagai seorang mahasiswa, tentunya harus lebih pintar dalam mengatur keuangan seperti halnya liburan. Sebagai mahasiswa, liburan diperlukan untuk refreshing. Namun, masalahnya kita harus punya akal dan harus putar otak supaya budget yang dimiliki cukup sehingga dapat menciptakan liburan yang seru dan asyik dikalangan mashasiswa. Nah, untuk itu, inilah beberapa tips yang cukup efektif dan dapat kamu coba untuk menekan pengeluaran liburan sehingga enggak bikin kantong mahasiswa kering.


1. Berburu Tiket Promo
Kalau kamu ingin berlibur ke tempat yang jauh, hal yang harus dipikirkan pertama kali yakni tiket menuju tempat tujuan. Mengingat harga tiket, baik pesawat, bus, atau kereta api ke luar kota cukup mahal, sebaiknya kamu mencari tiket promo. Namun, karena tiket promo biasanya harus dipesan jauh-jauh hari, maka kamu perlu merencanakannya terlebih dahulu. Cara lainnya, yakni memesan tiket pada kelas bisnis atau ekonomi.


2. Bukan Musim Liburan

Harga tiket pada musim liburan biasanya akan naik. Selain itu, destinasi wisata juga penuh lantaran banyak dikunjungi orang. Beruntung, biasanya libur anak kuliah tidak sama dengan anak sekolah, meskipun setiap kampus ada yang berbeda-beda.

3. Manfaatkan relasi

Saat menentukan destinasi liburan, usahakan kamu punya relasi, seperti saudara atau teman di sana. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya hotel karena bisa menumpang di rumah saudara atau temanmu itu. Selain mengurangi biaya hotel, menginap di rumah kerabat juga bisa menekan biaya makan. Bahkan, jika kerabatmu itu bersedia mengantar atau meminjamkan kendaraan menuju tempat wisata, kamu tak usah pusing memikirkan biaya transportasi.

4. Bijak Membeli Oleh-oleh

Kamu harus bijak saat membeli oleh-oleh. Jangan sampai, karena membeli oleh-oleh terlalu banyak malah membuatmu tekor. Buat daftar siapa saja orang yang akan kamu beri oleh-oleh, kemudian tentukan budget tertentu supaya tetap terkontrol.


Sumber: Okezone.com

Posting Komentar

 
Top