0
(Foto: Sekedarinfo.com)
Industrialtimes.net- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mengklaim jumlah wisatawan yang berkunjung ke Provinsi Aceh sepanjang 2015, sudah mencapai target 1,8 juta orang. Turis paling banyak berasal dari Malaysia dan Sumatera Utara.

“Insya Allah jumlahnya tercapai (target), tapi data konkritnya sedang direkap,” kata Kepala Disbudpar Aceh, Reza Fahlevi, Minggu (27/12/2015).

Masih seperti tahun sebelumnya, wisatawan paling banyak berkunjung adalah dari dalam negeri. Mereka rata-rata dari Sumatera Utara, disusul provinsi lainnya di Sumatera dan Pulau Jawa.

“Akhir tahun ini saja kita lihat ribuan wisatawan dari provinsi tetangga itu yang berkunjung ke Sabang, Banda Aceh. Bahkan objek-objek wisata strategis seperti Museum Tsunami, PLTD Apung itu dipadati wisatawan-wisatawan local dari sana,” sebut Reza.

Sedangkan wisatawan mancanegara ke Aceh hanya 75 ribu orang. Pelancong dari Mayoritas masih mendominasi, disusul turis dari negara-negara ASEAN lainnya serta Eropa.

Menurutnya kunjungan turis asing tahun ini naik 20 ribu orang dibanding sebelumnya. “Tahun 2014 hanya 55 ribu, sekarang 75 ribu orang. Untuk tahun 2016 kita targetkan bisa sampai 95 ribu,” ujarnya.


Reza optimistis kunjungan wisatawan ke Aceh semakin meningkat. Bahkan tahun depan ia menargetkan kunjungannya bisa naik 25 persen dari capaian 2015. (hel)


Posting Komentar

 
Top