Jurusan Teknik Sipil Unsyiah Gelar Kompetisi Teknologi Beton II | Industrial Times

0
Kompetisi Teknologi Beton II yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah. (Foto : Nurul/IT)


Banda Aceh, Industrialtimes.net – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Unsyiah kembali mengadakan Kompetisi Teknologi Beton untuk yang kedua kalinya. Kompetisi Teknologi Beton II ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Exclu Sipil. Acara yang berlangsung dari 9–12 Desember 2015 ini dilaksanakan di Laboratorium Konstruksi dan Bahan Bangunan (LKBB) Fakultas Teknik Unsyiah dan diikuti oleh 11 jurusan Teknik Sipil dari Universitas yang tersebar di Aceh.

Acara yang disponsori  oleh PT.Semen Padang ini dibuka secara langsung oleh ketua jurusan Teknik Sipil Unsyiah pada Senin, (9/11). Setiap tim yang mengikuti kompetisi ini terdiri dari 3 anggota dan 1 dosen pembimbing.

Dengan mengangkat tema beton kuat dan ramah lingkungan. “Kami memilih tema ini karena ingin melihat kreasi inovasi kawan-kawan dari teknik sipil , sebab beton yang bermutu tinggi itu harus memakai zat adiktif. Jika menggunakan banyak zat adiktif tersebut maka nilai ramah lingkungannya akan berkurang ”. Ujar Ryan Reynickha Fatullah selaku ketua kompetisi teknologi beton II.

Adapun Kriteria penilaian kompetisi ini berdasarkan nilai kekuatan sebesar 50%, inovasi ramah lingkungan sebesar 20%, dan juga ada nilai presentasi sebesar 30%. Acara kompetisi teknologi beton lebih awal dimulai daripada exclu sipil karena kompetisi ini ada 2 masa pengujiannya. Pada tanggal 10 November sudah dimulai kompetisinya , yaitu dimulai dengan proses pengecoran. Setelah 7 hari ada masa pengujian dengan 3 benda uji dan setelah 28 hari ada 3 lagi benda uji dalam pengujian. Jadi total ada 6 benda uji dalam kompetisi ini. 

Setelah melewati 28 hari masa pengujian, para peserta kompetisi mempresentasikan yang telah dibuat mereka di depan juri pada tanggal 9-10 Desember. Dimana, Pengumuman pemenang Kompetisi Teknologi Beton II akan diumumkan pada sabtu (12/12). (NA)

Posting Komentar

 
Top