Politeknik Aceh Selatan Pamerkan Karya Seni Batu Marmer di Unsyiah Fair 10 | Industrial Times

0
Berbagai Jenis Karya Politeknik Aceh Selatan (Foto: Al muttaqin/IT)

Banda Aceh, Industrialtimes.net- Dalam rangka memeriahkan Unsyiah Fair 10, Politeknik Aceh Selatas (Poltas) memamerkan karya  seni mereka yang terbuat dari batu marmer. Beberapa produk karya seni  yang di pamerkan yakni gelas, vast bunga, meja, kursi, mangkok, plakat dan asbak.

Produk yang dibuat lansung oleh mahasiswa Poltas ini adalah bentuk dari usaha selama dua tahun dan baru tujuh bulan ke belakang  produk tersebut diangap sudah sempurna untuk dikomersilkan. Seperti yang diungkapkan oleh Alfiat, Mahasiswa Poltas, sekaligus pemandu di ajang pameran ini mengungkapkan gagasan pengembangan produk dalam pemanfaatan batu marmer yang dianggap mubazir di Aceh Selatan. "Ide pengembangan ini lahir sebagai upaya pemanfaatan batu marmer di Aceh Selatan, karena kebanyakan batu marmer di daerah tersebut dipergunakan untuk proyek kontruksi tanggul di pantai, yang memakan puluhan truk untuk, akan tetapi bila dipergunakan untuk pembuatan karya seni ini cukup dengan satu truk saja dapat kami pergunakan hingga 6 bulan kedepan untuk puluhan produk".

Alfiat juga menambahkan proses yang dipergunakan dalam mengolah karya seni ini masih tergolong sederhana dengan hanya memanfaatkan mesin bubut dan mesin poles akan tetapi menghasilkan produk yang sangat bernilai dengan harga yang tinggi.

"pengolahan karya seni batu marmer ini dimulai pemilihan ukuran batu yang diinginkan atau membelahnya dengan mesin pembelah, kemudian batu diproses bentuknya dengan mengunakan mesin bubut, bentuk yang sudah didapat kemudian di poles dengan kertas pasir dan mesin poles agar kontur yang dihasilkan lebih mengkilat".

Disamping itu, Afdhal selaku manager workshop marmer ini mengungkapkan upaya produksi yang dilakukan oleh Politeknik Aceh Selatan masih dalam upaya pengembangan". Dari segi penjualan produk ini sudah kami komersilkan ke Banda Aceh dan Sabang, kedepannya dalam memajukan pengembangan ini kita akan membuat workshop yang ditunjukkan untuk umum".

Dari segi kualitas, Afdhal menjelaskan bahwa produk ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi." Dari segi kualitas, karya seni ini sangat kuat karena bila dijatuhkan produk ini hanya mengalami lecet, akan tetapi bila produk dengan bahan lain akan langsung pecah".


Produk tersebut dapat diperoleh dengan harga promo yakni mulai dari 100.000 sampai 2.000.000 tergantung tingkat kesulitan dalam pembuatanny. Bila anda berminat lansung saja kunjungi stan Politeknik Aceh Selatan di Unsyiah Fair 10 atau dapat langsung memesan dengan bentuk yang diinginkan melalui email shop@poltas.ac.id. [MAS] 

Posting Komentar

 
Top