Haji Uma Isi Seminar Nasional PRESSURE 4 Himafi Unsyiah | Industrial Times

0
Sudirman/Haji Uma, (Foto : JurnalRakyat.web.id)


Banda Aceh, Industrialtimes.net- Memasuki hari ke-empat dalam rangkaian acara Pressure 4 sejak dibuka senin lalu, kali ini Himafi (Himpunan Mahasiswa Fisika) Unsyiah mengadakan Seminar Nasional bertajuk “Pendidikan dan Kebudayaan” pada Kamis (15/10) pukul 08.00-12.30 WIB di Auditorium FKIP Unsyiah.

Seminar ini menghadirkan dua orang narasumber, yaitu Drs. Anas M. Adam M.Pd. dan H. Sudirman. H. Sudirman sendiri merupakan anggota komisi DPD RI yang bertanggung jawab untuk urusan pendidikan dan kebudayaan. Sementara Anas M. Adam merupakan Direktur Pembina di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menurut Arief Muliandi, penanggung jawab Seminar Nasional untuk Pressure 4, tema “Pendidikan dan Kebudayaan” yang diangkat merupakan suatu bentuk kritisi terhadap penerapan pendidikan dan kebudayaan yang dianggap masih kurang sinkron dan kurang balance, khususnya untuk daerah Aceh sendiri. Dengan pertimbangan tersebut, maka narasumber yang dipilih adalah Putra Aceh.

“Output yang kami harapkan dari seminar ini adalah kesepahaman antara pendidikan dan kebudayaan yang lebih sinkron untuk Indonesia yang lebih baik, karena pendidikan tidak bisa berdiri tanpa kebudayaan, begitupun sebaliknya.”, ungkap Arief ketika ditemui beberapa saat sebelum seminar dibuka.

Senada dengan yang diungkapkan Arief, H. Sudirman, atau yang lebih terkenal dengan panggilan Haji Uma menyatakan bahwa model pendidikan sekarang ini mulai kehilangan nilai budayanya. “Saat kita melangkah ke ruangan ini, ada banyak mahasiswa. Kebanyakan orang Aceh tapi kita tidak tahu apakah mereka benar-benar orang Aceh atau bukan. Kenapa? Karena hilangnya ciri budaya Aceh dari mahasiswa-mahasiswa sekarang. Inilah kenapa pendidikan perlu diselaraskan dengan kebudayaan.”, ungkap pria yang dikenal karena membintangi serial Eumpang Breuh tersebut.

Seminar ini mampu menarik perhatian cukup banyak kalangan akademik, terutama di Unsyiah sendiri. Diharapkan semoga apa yang menjadi tujuan akan berlangsungnya seminar dapat dicapai untuk Indonesia yang lebih baik. [JA/CA]

Posting Komentar

 
Top