Kuphi Khop, Si Pembalik Gelas | Industrial Times

0
Kuphi Khop (Foto:Tarmizan/IT)
Meulaboh, Industrialtimes.net- kopi? siapa yang tidak mengenal minuman yang satu ini, hampir semua kalangan menyukainya. Tidak terkecuali kopi yang satu ini, Kuphi Khop begitulah orang pesisir pantai Barat Aceh menyebutnya.

Kuphi khop sendiri merupakan kopi tubruk, dalam bahasa Aceh “kuphi khop”adalah kuphi yang bearti “kopi” dan khop yang bearti “tungging” atau kopi tubruk dengan gelas terbalik. Kopi ini disajikan dalam gelas terlungkup memakai sedotan atau pipet ke dalam bawah  gelassambil menghembus kopi dan memutar gelas, jangan diangkat karna kopi akan tumpah, dan disajikan bersama bubuk kopi yang masih bersepah.

Indonesia sendiri dikenal dngan kualitas  kopi yang diakui dunia, tak terkecuali Aceh, yang mendapat gelar negeri seribu warung kopi dengan konsep rasa kopi berbeda tiap daerah dengan keunikan yang berbeda-beda.

Salah satunya ada di kota Meulaboh atau lebih sering dikenal sebagai kota asal Teuku Umar, siapa yang tidak kenal dengan nama ini. Adalah salah satu tokoh pelaku sejarah yang paling populis di pantai Barat Selatan. Hampir semua orang Indonesia tahu tentang pahlawan yang satu ini. Begitu juga dengan Kuphi Khop?

"Dengan keunikan dan rasanya kopi ini mampu menarik perhatian turis lokal dan turis asing untuk bersinggah ngopi disini." ungkap cek din pemilik salah satu warung kopi di Suak Ribee kepada tim redaksi industrialtime saat duduk ngopi di warung tersebut.

Bagi anda yang berkunjung ke Meulaboh tidak ada salahnya  untuk dapat  mencicipi Kopi Khop ditempat asalnya ini, cukup datang saja ke warung kopi jembatan Suak Ribee Kecamatan Johan Pahlawan Meulaboh Aceh Barat, atau juga bisa di Cafe Pantai Kasih Suak Ribe sambil menikmati pantai yang berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Jangan bilang pernah ke pesisir Barat Selatan kalau belum singgah ngopi di negeri Pahlawan ini. Coba kopi yang unik?  kenapa tidak coba kuphi khop aja?. (TM)

Posting Komentar

 
Top