Kisah Mahasiswi Cerdas UNY Meninggal Usai Wisuda | Industrial Times

0
Icha saat diwisuda. (Foto: Markus Yuwono)

YOGYAKARTA - Futicha Sirrulhayati Muna (22) mungkin sudah merasakan bahagia karena sudah menyelesaikan tugasnya sebagai mahasiswa. Namun apa daya, nasib berkata lain. Icha panggilan akrabnya, meninggal dunia beberapa jam setelah wisuda pada 29 Agustus lalu.

Icha kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Fakultas MIPA selama empat tahun. Gadis kelahiran Magelang pada 30 Agustus 1993 ini lulus dengan predikat cumlaude dengan IPK 3,65. Dia menyelesaikan skripsi selama lima bulan dengan judul 'Uji Kemampuan Isolat Bakteri Termofilik Asal Kali Gendol Atas Pasca Erupsi Merapi dalam Mereduksi Logam Berat Cu (Tembaga). "10 Juli lalu saat yudisium masih sehat," kata dosen pembimbingnya, Evy Yulianti, saat dihubungi wartawan, Kamis (10/9/2015). 

Dijelaskannya, dari cerita teman-temannya, mahasiswi angkatan 2010 itu sering mengeluh pusing dan disela penelitian. "Kalau di lab sering pusing-pusing dan tiduran," katanya. 

Evy menceritakan, dari cerita mahasiswanya, Icha sering keluar masuk rumah sakit, setelah yudisium. Awalnya di Muntilan dia didiagnosa penyakit maag. Karena tidak kunjung sembuh, masuk ke rumah sakit didagnosa bronkitis. Terus didiagnosa lagi kena syaraf ke-6 dan penglihatannya terganggu. "Kata teman-temannya beberapa kali masuk rumah sakit,"jelasnya. 

Saat wisuda Icha menggunakan kursi roda, didorong naik ke panggung podium. Seusai wisuda Evy sempat mencari Icha namun sudah pulang ke Magelang. "Saat diberi tahu Icha sudah tidak sadar, enggak merespons, mungkin kecapekan karena menunggu sejak pagi," ulasnya.

(ful)

Sumber : http://m.okezone.com/read/2015/09/11/65/1212162/kisah-mahasiswi-cerdas-uny-meninggal-usai-wisuda?utm_source=wp_hl

Posting Komentar

 
Top