Arsitektur Unsyiah Adakan Pameran International Bersama UITM | Industrial Times

0
Suasana Acara Seni Penutupan Pameran Kolaborasi Unsyiah - UITM. (Foto: Susi Susila Dewi)



Banda Aceh, IndustrialTimes.Net - Jurusan Arsitektur Universitas Syiah Kuala kembali menggelar kegiatan pameran yang luar biasa. Jurusan yang berdiri sejak 1996 ini mengadakan pameran yang bekerja sama dengan mahasiswa University International Teknologi Mara (UITM) Malaysia. Peserta pameran dari UITM tidak hanya berasal dari Jurusan Arsitektur melainkan juga dari Desain Produk. Maka dari itu tema yang diangkat dari pameran ini yakni “Pameran Arsitektur Desain Produk”.

Pameran ini menampilkan karya-karya mahasiswa seperti karya akhir dan karya studio mahasiswa arsitektur, photografi, serta karya seni lainnya. Pameran Arsitektur Desain Produk yang berlangsung selama tiga hari ini juga menyajikan beberapa kegiatan lain seperti seminar penggunaan software j-batik, workshop, kegiatan modeling struktur, pemberian tiga sketsa terbaik, dan ditutup dengan acara Malam Seni sebagai acara perpisahan antara mahasiswa UITM dengan mahasiswa Arsitektur Unsyiah.

“Pameran Arsitektur desain produk ini baru pertama kali diadakan di Fakultas Teknik  Unsyiah. Latar belakang diadakannya kegiatan ini adalah pada dasarnya arsitektur se-Asia memiliki acara tahunan yang dinamakan Tiang Seri. Tahun lalu kegiatan ini diadakan di Perak, Malaysia. Untuk lanjutan kunjungan ini para mahasiswa UITM meminta acara ini diselenggarakan di Aceh. Namun dosen Arsitektur Unsyiah awalnya kurang menerima tawaran tersebut karena Fakultas Teknik sendiri tidak memililiki kegiatan internasional seperti di UITM. Terlebih kegunaan kegiatan ini mampu menampung karya-karya seni anak arsitektur. Oleh karna kesepakatan itulah, akhirnya pada tahun ini diadakan di Aceh.” jelas Erna Meutia selaku Dosen Arsitektur yang menjadi ketua panitia kegiatan ini.

Dalam kegiatan penutupan pameran, Rabu (16/9) malam, salah satu Mahasiswa UITM yang hadir pada kegiatan ini mengaku sangat senang dan berbahagia karna bisa berinteraksi dan berkenalan dengan orang-orang baru dari jurusan arsitektur Unsyiah ketika ditanyai MC menanggapi kegiatan yang sudah berlangsung sejak tanggal 14 tersebut.

Ucapan positif juga diberikan oleh mahasiswa Arsitektur Unsyiah yang berharap kegiatan ini sebagai ajang silaturrahmi antar jurusan arsitektur dari Malaysia. “Kami berharap kegiatan ini dapat mengeratkan tali silaturahmi antar Mahasiswa UITM dengan Mahasiswa Arsitektur yang berada di Aceh.” ujar Seprinayana selaku panitia acara ini.

“Harapannya juga semoga untuk tahun-tahun ke depannya Fakultas Teknik Unsyiah dapat bekerja sama kembali dengan UITM. Bukan hanya untuk Jurusan Arsitektur saja namun seluruh jurusan di Fakultas Teknik.” tambahnya.

Kegiatan pameran ini juga dihadiri oleh beberapa Universitas di Aceh yakni Universitas Muhammadiyah Aceh dan Al-Muslim.[SSD]



Posting Komentar

 
Top