Ratusan Ijazah Unsyiah Dipalsukan | Industrial Times

0
Biro Universitas Syiah Kuala
Medan, Industrialtimes.net – Dengan iming-iming janji bahwa pemalsuan ijazah tidak akan menimbulkan masalah di kemudian hari, tersangka Az berhasil menjual ijazah palsunya dengan kop dan stempel Universitas Syiah Kuala kepada ratusan orang dengan harga sekian juta per lembarnya.

seperti diberitakan surat kabar Serambi Indonesia (9/7), di antara ratusan orang tersebut, Tim Penyidik Satuan Reskrim Polresta Banda Aceh berhasil memeriksa empat orang pemegang ijazah palsu jenjang S1 dan S2. Kepada polisi, mereka mengaku memang tidak pernah mendapatkan surat keterangan selesai mengikuti pendidikan secara resmi di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

“Mereka memang sadar bahwa ijazah yang diperoleh itu tidak asli, tapi palsu. Mereka berani mengambil risiko setelah pelaku utama, Az, menjanjikan bahwa penerbitan ijazah itu tak akan menimbulkan masalah.” Kata Kasat Reskrim, Supriadi.

Pengakuan tersebut semakin kuat setelah polisi meminta keterangan sejumlah saksi dari Bagian Akademik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

“Kami juga telah memeriksa sejumlah saksi dari Bagian Akademik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh sebagai perguruan tinggi yang dipalsukan ijazahnya. Dari pemeriksaan itu, mereka mengaku tidak pernah mengeluarkan ijazah yang seperti dimiliki keempat orang yang dihadirkan sebagai saksi itu,” Ungkap Supriadi.


Sampai saat ini, polisi telah menemukan datanya di dalam flash disk Az, dan sebanyak 113 lembar ijazah palsu yang sudah berhasil diedarkan oleh tersangka Az dan SB, yang merupakan warga Banda Aceh. Sementara keempat pemegang ijazah yang sudah berhasil diselidiki berasal dari luar kota Banda Aceh. Selain tersangka utama, Az, polisi juga sudah berhasil mengamankan tiga orang tersangka lainnya. [GAS] 





Posting Komentar

 
Top