MENTAWAI: Surfer's Paradise di Pesisir Barat Sumatera | Industrial Times

0



Mentawai International Pro Surf. (Foto: indosurflife.com)











Pasaman Barat, industrialtimes.net- Mentawai, Siapa yang tak kenal namanya? Kepulauan di lepas pantai Sumatera Barat ini terkenal memiliki keindahan maritim yang tak kalah dengan Raja Ampat , Papua. Namun siapa sangka  gugusan pulau-pulau Siberut, Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan ini terkenal di mata dunia. Adalah surfing spot-nya yang tak hanya menjanjikan pengalaman berselancar yang menyenangkan, tetapi juga mampu menarik perhatian peselancar-peselancar asing untuk mencoba menaklukkan ombaknya.
“Di dunia ada sepuluh surfing spot terbaik menurut majalah Surfer Magazines dan dua diantaranya ada di Mentawai.” unkap Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mentawai, Desti Seminora, saat ditemui di sela-sela jumpa pers Mentawai International Pro Surf.
Mentawai International Pro Surf sendiri adalah bentuk keseriusan pemerintah daerah Kabupaten Mentawai untuk menunjukkan potensi daerahnya. Tak tanggung-tanggung, dengan dukungan Asian Surfing Championships (ASC), kompetisi ini mampu mendatangkan 24 peselancar terbaik dunia, baik dari Australia, Amerika Serikat, Brazil, Selandia Baru, Jepang, Prancis, dan Inggris.
Meskipun ada begitu banyak wisatawan yang datang untuk berselancar, apalagi pada musim pancaroba dimana angin dan ombak sangat mendukung, Mentawai tak pernah kehabisan spot untuk peselancar yang ada. Tercatat ada kurang lebih 400 spot yang tersedia. Salah satunya terdapat di pantai Desa Bosua. Desa kecil di pulau Sipora ini dianggap memiliki spot terbaik, ditambah dengan lokasi yang bisa ditempuh beberapa menit dari ibukota Tuapejat, membuat Desa Bosua menjadi tujuan surfing favorit.

See? Ternyata daerah yang selama ini sangat terisolir dari dunia luar ternyata mampu berkembang dengan cepat dengan mengoptimalisasi potensi dearah yang ada. Mentawai terbukti mampu membuka mata dunia bahwa kearifan lokal Indonesia mampu bersaing dikancah internasional. Jadi jika anda peselancar dan bermimpi ingin menikmati sensasi berselancar seperti di Hawaii, kenapa tak coba Mentawai dulu? [JA]


Editor: Maulana/IT




Posting Komentar

 
Top