Peringgati Hari Thalassemia, PMI Unit 01 Unsyiah Kumpulkan 85 Kantong Darah | Industrial Times

0
Foto: Nelly Melya
BANDA ACEH,Industrial Times.net- Donor darah lanjutan, agenda memperingati hari thalassemia sedunia yang di adakan oleh Korps Sukarela PMI Unit 01 Unsyiah, selama dua hari yang bertempat di pelataran pustaka unsyiah telah mengumpulkan sebanyak 85 kantong darah, Jumat (08/05

“ thalassemia adalah suatu kondisi dimana penderita mengalami anemia berat, yang disebabkan tidak mampunya tulang belakang memproduksi sel darah merah, sehingga penderita membutuhkan tranfusi darah dalam waktu yang berkala” tutur Dr. Ratna Sari Dewi salah satu staf Unit Donor Darah.

Ksr pmi unsyiah berhasil mengumpulkan 28 kantong darah pada hari pertama dan untuk hari kedua berhasil mengumpulkan 56 kantong, suasana tempat kegiatan pada hari pertama tidak cukup ramai sehingga membuat para relawan dan petugas Unit Donor Darah meras kebosanan. Tetapi berbanding tebalik dengan hari kedua yang membuat petugas agak repot apalagi dengan kurangnya anggota KSR yang bisa membantu dikarenakan kesibukan kuliah masing-masing.

Donor darah di hari kedua ini juga turut ikut berpartisipasi anggota KODAM ISKANDAR MUDA, yang mendapat undangan dari pihak Unsyiah.Letnat Kolonel Nanang Ariyanto Kodam Iskandar Muda mengungkapkan Keikut sertaan anggotanya dalam acara donor darah memperingati hari thalassemia, dikarenakan adanya koordinasi dari pihak unsyiah yang mengundang mereka untuk ikut berpartisipasi. Anggota yang hadir adalah mereka yang mempunyai waktu luang dan sudah cukup waktu untuk donor kembali.

Dengan adanya parsipasi dari kodam Iskandar Muda dalam donor darah ini membuat atmosfir yang berbeda dari biasanya hanya mahasiswa dan beberapa pengawai negri yang mengisi database donor darah.

“Partisipasi donor darah ini memberikan kesan yang sangat positif tentunya dilihat sisi kemanusiaan akan adanya solidaritas dari anak muda kepada saudaranya maupun bangsa untuk saling membantu sesama makhluk Tuhan dan wujud spiritual” tutur Letnat Kolonel.

Posting Komentar

 
Top