0

Banda Aceh, IndustrialTimes.net - Syiah Kuala Mining Engineering Competition (SMEN) merupakan suatu acara permainan dan perlombaan yang mengaplikasikan ilmu tambang. Perlombaan ini merupakan salah satu agenda dari MISSION II yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan (HMTP) Universitas Syiah Kuala. 

"Tujuan dari SMEN ini sendiri adalah untik pelatihan dan persiapan mengikuti Indonesia Student Mining Competition (ISMC), intinya lomba bergengsi yang ada di Indonesia. Untuk tuan rumahnya selalu ada di ITB". Tutur Titan Septiansyah selaku ketua acara SMEN saat di ditemui tim Industrial Times tadi siang, (18/04) mengenai tujuan dari acara tersebut. 

Ada enam permainan yang dilombakan di SMEN yaitu, Mineral Identification, Underground Mine Stability, Hand Mucking, Panning, Blasting Vibration Analysis dan Mine Surveying. Peserta yang mengikuti perlombaan tersebut adalah Mahasiswa Teknik Pertambangan angkatan 2012.

Berikut beberapa foto dokumentasi dari Syiah Kuala Mining Engineering Competition (SMEN) :

1. Mine Identification, Salah satu tim yang mengikuti SMEN sedang mencari tahu tentang struktur, tekstur, jenis mineral, jenis dan nama batuan. 

2. Underground Mine Stability, salah satu tim sedang menghitung straight dan deep arah cesar dalam Terowongan.

3. Panning, salah satu tim sedang sedang mendulang emas dengan cara tradisional menggunakan alat yang bersifat sentrifugal. 

4. Blasting Vibration, alat yang digunakan pada peledakan untuk menghitung berapa kekuatan suara dan efek suara per jarak.

5. Mine Surveying, suatu wilayah yang telah di dapatkan beberapa titik yang memiliki kandungan emas, lalu menghitung kadar total emas pada titik tersebut.[MS]

Posting Komentar

 
Top