1
Alfiansyah Yulianur Pembantu Rektor III Unsyiah menjelaskan perihal alokasi dana anggaran kemahasiswaan. (Foto : AM/IT)


Banda Aceh, IndustrialTimes.net - Anggaran yang digunakan untuk kegiatan kemahasiswaan Unsyiah dikeluarkan per tahun, meskipun dana tersebut diberikan per 6 bulan. Anggaran tersebut berasal dari 2 sumber, yaitu APBN yang didapat dari usulan permohonan anggaran dan juga anggaran pendapatan Negara Bukan Pajak yaitu anggaran dari SPP/UKT sebesar 7% yang diperuntukkan untuk kemahasiswaan.

Dari 7% anggaran yang tersedia, 3.5% nya berada di Biro Kemahasiswaan dibawah tanggung jawab  Pembantu Rektor (PR) III yang digunakan untuk membiayai kegiatan kemahasiswaan, seperti BEM Unsyiah, DPM Unsyiah, MPM Unsyiah serta UKM – UKM yang ada dibawah Universitas. Meskipun 3.5% ini dibawah PR III, anggaran ini tetap akan disubsidikan untuk usulan permohonan anggaran dari himpunan dan akan tetap dilayani meski tidak diutamakan. Sedangkan 3.5% lagi tersebar di fakultas dan besarnya bergantung kepada jumlah mahasiswa di fakultas tersebut.

Penerimaan usulan anggaran yang diajukan mahasiswa akan disesuaikan dengan besar/kecilnya skala kegiatan dan akan disesuaikan dengan prosedur yang telah ditetapkan. Sampai dengan bulan maret, belum ada pencairan dana. Hal ini kaitannya dengan prosedur keuangan kenegaraan. Pada tahun ini kementrian juga berubah dari Kementrian Pendidikan Nasional menjadi Kemenristek dan Dikti, perubahan ini mengubah struktur sehingga terjadi penundaan pencairan dana.

PR III Unsyiah menjelaskan, “Kalau prosedur anggaran ingin kita pangkas, Unsyiah harus berubah jadi BLU (Badan Layanan Umum), itu akan sedikit mudah. Dan yang lebih mudah lagi PTBH (Perguruan Tinggi Badan Hukum) seperti UI, UGM, mereka tidak berurusan dengan KPN, langsung mengelola sendiri. Cuma pertanggung jawaban yang diperiksa”.


“Buatlah program kegiatan yang tidak mengganggu kuliah, kemudian kegiatannya yang bermanfaat agar dana yang diberikan efektif”, pesan PR III Unsyiah Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC.(AM)

Posting Komentar

  1. Mantap kang artikelnya Cara Meninggikan badan, langsung saya praktekkan cara yang di atas tadi. Ini sangat cocok untuk orang orang yang pengen tinggi termasuk saya. Jadi artikel di atas sangat membantu dalam meningkatkan tinggi badan

    BalasHapus

 
Top