0
Mahasiswa Unsyiah tampil menunjukkan bakatnya pada pertunjukan seni “Relax and Easy @UNSYIAH_Lib” yang diadakan di UPT Perpustakaan Unsyiah, Rabu (4/3).(Foto:Ananda/IT)


Banda Aceh, industrialtimes.net – Pertunjukan seni mingguan yang bertajuk “Relax and Easy @UNSYIAH_Lib” dibuka siang tadi, Rabu (4/3) di gedung perpustakaan Unsyiah lantai 2. Acara yang diusung oleh UPT perpustakaan Unsyiah bekerjasama dengan Biro Minat dan Bakat BEM Unsyiah ini nantinya akan diadakan setiap minggunya pada rabu siang. Acara pembukaan dipadati oleh mahasiswa yang sedang berkunjung ke perpustakaan unsyiah.

“Acara ini diadakan karena kami ingin menarik minat mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan,” ujar Taufik Abdul Gani selaku kepala UPT Perpustakaan Unsyiah. Ia juga turut mengatakan bahwa selama ini perpustakaan hanya identik dengan membaca sedangkan perpustakaan itu seharusnya menjadi pusat aktivitas, namun hal ini belum terimplementasi dengan baik.

“Ini merupakan hasil kerjasama antara BEM Unsyiah dengan UPT perpustakaan Unsyiah. Selain untuk menciptakan suasana perpustakaan unsyiah sebagai tempat membaca yang relax, kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi kreativitas mahasiswa Unsyiah dibidang seni. Tak hanya seni musik, tetapi juga akan ada penampilan seni lainnya. Jadi bagi kawan-kawan yang ingin tampil, bisa mendaftarkan diri langsung ke BEM Unsyiah melalui biro minat dan bakat ataupun via sms,” tutur Ketua BEM Unsyiah, Muhammad Hamzah yang menyempatkan diri untuk melihat acara pembukaan kegiatan ini. Ia juga menambahkan bahwa kedepannya BEM Unsyiah akan mengajak kawan-kawan dari UKM di Unsyiah maupun seluruh mahasiswa Unsyiah walaupun tidak terkait organisasi apapun untuk turut memeriahkan kegiatan mingguan ini.

“Ide kegiatan ini berasal dari pak Taufik, BEM Unsyiah menjadi koordinatornya, dan yang menjadi fasilitatornya adalah UPT Perpustakaan Unsyiah,” tukas Kepala Biro Minat dan Bakat BEM Unsyiah, Nur Muharram. Ia juga mengatakan bahwa yang bisa mendaftar tak hanya untuk pengisi acara, tapi yang berminat menjadi MC bisa turut mendaftar.

Acara ini akan diselenggarakan setiap Rabu siang pukul 14.00 dan berdurasi 30 menit di lantai 2 perpustakaan Unsyiah. Sebagaimana yang dikatakan oleh Taufik, “acara ini dibuat hanya setengah jam dan waktunya itu setelah mahasiswa istirahat untuk shalat dan makan siang. Mungkin kegiatan ini agak sedikit mengganggu. Awalnya ada saran untuk mengadakan kegiatan ini di aula perpustakaan Unsyiah yakni dilantai 1 namun pertanyaannya apakah mahasiswa mau turun secara khusus hanya untuk menyaksikan kegiatan ini? Karena itu kami yang ‘menghampiri mahasiswa’ dengan menyelenggarakan kegiatan ini di lantai 2 yang merupakan tempat mahasiswa belajar”.

Perihal mengapa hari Rabu menjadi pilihan untuk diadakannya kegiatan ini, Taufik menuturkan bahwa hari Senin merupakan hari paling padat pengunjung bagi perpustakaan Unsyiah, hari Selasa kepadatan masih bertahan, namun hari Rabu jumlah pengunjung mulai menurun dan begitu seterusnya  kian menurun. Maka hari Rabu dipilih untuk kegiatan ini agar semangat pengunjung kembali meningkat untuk hari selanjutnya. “Sebenarnya ini eksperimen, tapi kalau tidak kita coba maka tidak akan pernah berjalan,” ujar Taufik saat dilansir oleh kru Industrial Times.

“Acaranya seru kok, tidak mengganggu. Bahkan membuat suasana belajar menjadi semakin enak karena ada selingan hiburan. Inginnya acara ini terus berlanjut kedepannya,” komentar salah seorang pengunjung perpustakaan. Bagi pengunjung yang merasa terganggu dengan kegiatan ini, bisa tetap menikmati belajar di perpustakaan menggunakan fasilitas ruangan kedap suara. [AJCH]

Editor:(DIR)

Posting Komentar

 
Top