0
Peserta lomba sedang merakit Rubber Plane (Foto: Farhan/IT)

Banda Aceh, Industrial Times - Pergelaran Rubber Plane Competition berhasil dilaksanakan, Senin (30/3), di gelangang Mahasiswa Unsyiah. Rangkaian acara Mechanical Engineering Festival (MEF) yang bertemakan pesawat ini, berhasil dimenangkan oleh SMAN 5 Banda Aceh.

“Ada sepuluh sekolah yang mendaftar pada perlombaan Rubber Plane Competition. Tapi lima diantaranya tidak diperkenankan mengikuti lomba karena tidak memiliki syarat yang cukup. Lima sekolah lainnya yang berhasil mengikuti kegiatan Rubber Plane Competition adalah Fatih Bilingual School, SMAN 1 Banda Aceh, SMAN 5 Banda Aceh, MAN 2 Banda Aceh, MAN 3 Banda Aceh. Setiap sekolah boleh membuat lebih dari satu tim, jadi ada 12 tim yang mengikuti lomba.”,  ujar Muhammad Zaim selaku ketua panitia.

Ruber Plane Competition sendiri adalah kompetisi merakit pesawat yang bahannya disediakan oleh panitia. Penilaian dari kompetisi ini berdasKemudiantepatan waktu rakit dan score terbang pesawat yang dirakit. Score terbang meliputi lama waktu pesawat bertahan di udara dan keseimbangannya.

Panitia MEF memberikan waktu selama dua jam untuk merakit pesawat. Karenanya, tim yang tidak dapat merakit Rubber Plane dalam waktu yang ditentukan akan didiskualifikasi. Setelah melakukan simulasi pesawat dari setiap tim, pemenang pun ditetapkan. 

Ketiga pemenang berasal dari tiga sekolah yang berbeda. SMAN 5 Banda Aceh berhasil meraih juara pertama. Kemudian diikuti oleh SMAN 1 Banda Aceh dan MAN 3 Banda Aceh di posisi kedua dan ketiga. [FH]

Posting Komentar

 
Top