0
Salah satu bentuk Rabber plane (foto: Khansa Atikah/IT)


Banda Aceh, Industrialtimes.net – Salah satu kegiatan pada MEF (Mechanical Engineering Festval ) adalah kompetisi merakit pesawat menggunakan tenaga Rubber (Rubber Plane Competition). Kegiatan yang diadakan di Balee Kerukon Fakultas Teknik, Rabu (11/3) ini diikuti oleh 36 peserta, yang tergabung dalam 12 Tim dari seluruh SMA sederajat Banda Aceh dan Aceh Besar.

Dalam pelaksaannya, kegiatan yang sangat bermanfaat tersebut diharapkan mampu membuka cakrawala peserta, mengenai penerapan teori yang telah dipelajari.

“Belajar itu jangan hanya sekedar teori saja, tetapi juga harus ada pengaplikasiannya! Penerapannya!”, tutur Muhammad Zaim selaku ketua panitia cabang Rubber  Plane Competition pada MEF  (Mechanical Engineering Festival) 2015, saat ditemui redaksi Industrial Times di Balee Kerukon Fakultas Teknik, Rabu (11/3).

Rubber plane competition yang bertemakan “Saatnya Generasi Muda Meraih Mimpi” merupakan kompetisi merakit pesawat berbasis rubber,  yakni menggunakan tenaga utama rubber yang dikhususkan untuk pelajar SMA dan sederajatnya. Kompetisi yang akan berlangsung pada 30 Maret 2015 ini perdana dilaksanakan dan juga merupakan salah satu agenda dari MEF (Mechanical Engineering Festival). Tujuannya yakni untuk mengasah dan meningkatkan kreativitas para pelajar.

Tercatat sebanyak 36 orang yang terbagi menjadi 12 tim dari seluruh SMA sederajat di Banda Aceh dan Aceh Besar yang turut berpartisipasi sebagai peserta kompetisi ini. Kegiatan ini  bekerjasama dengan FASI (Federation Aero Sport Indonesia) dan menghadirkan langsung pemateri yang berasal dari FASI untuk memberikan pelatihan cara membuat pesawat berbasis rubber. Pelatihannya menggunakan kayu balsa yang nantinya diajari aero modelling-nya, kemudian dirakit sedemikian rupa hingga menjadi rubber plane yang tenaga utamanya karet.

Awal tercetusnya ide membuat kegiatan ini adalah untuk menerapkan apa yang sudah dipelajari agar berguna dan bermanfaat. “Nah kami kan ada belajar juga mengenai mekanika fluida, jadi ya menerapkan langsung, oh ternyata mekanika fluida itu disini loh penerapannya! Ilmu ini disini loh penerapannya. Gitu.” Tutur Zaim. [KA]



Editor:[MAS]

Posting Komentar

 
Top