0
Banda Aceh, IndustrialTimes,net - Mini Project merupakan salah satu kategori yang diperlombakan pada acara i-SAT IV tahun 2015. Dengan tema "Alat Bantu Edukasi yang Berbasis Ekonomi Kreatif" akhirnya terpilih 3 pemenang lomba untuk kategori ini yakni Juara Pertama dari MAS Jeumala Amal dengan produk Tas Seetuk, Juara kedua dari SMAN 1 Lhokseumawe dengan produk Berdera Hijaiyah Sedangkan Juara ketiga dari SMAN 10 Fajar Harapan dengan produk Meupat Quality. Berikut deskripsi produk dari masing-masing Pemenang.

Juara 1 : Tas Seetuk dari MAS Jeumala Amal


Tas Seetuk. (Foto: Aldary Rachmadi/IT)
            Tas Seetuk merupakan pruduk recycle serba guna penuh kreatifitas yang dibuat oleh siswa-siswa MAS Jeumala Amal dari regional Sigli. Tas ini merupakan tas sekaligus dapat dijadikan alat edukasi bagi santri maupun siswa yang ingin belajar mengurutkan huruf hijaiyah maupun huruf abjad. Tas Seetuk yang berbahan utama dari pelepah pohon palem ini dirancang untuk semua kalangan pelajar dengan desain yang minimalis dan mampu dibongkar pasang. Penggunan tas yang sangat mudah ketika akan digunakan untuk belajar mengurutkan huruf hanya dengan membuka  resleting secara menyeluruh pada tas dan tas siap digunakan untuk belajar mengurutkan huruf yang telah tersedia di dalam bagian tas. Tas Seetuk juga dijahit rapi dengan menggunakan kain batik khas Aceh untuk menambah nilai keindahan pada produk ini. Mampu menampung beban berat juga menjadi nilai lebih yang diberikan oleh produk ini.

Juara 2 : Bendera Hijaiyah dari SMAN  1 Lhokseumawe

Bendera Hijaiyah(Foto: Aldary Rachmadi/IT)
            Dengan tujuan untuk meningkatkan daya hafal huruf hijaiyah untuk anak usia dini maka terciptalah “Bendera Hijaiyah” karya siswi-siswi SMAN 1 Lhokseumawe. Produk yang berbahan utama kayu dan plastic PVC ini dengan sistem bongkar pasang ini dapat digunakan dengan meletakkan tiang-tiang huruf hijaiyah yang telah tersedia langsung pada bagian luar dari produk yang inovatif ini. Sekilas produk ini menyerupai papan catur namun perbedaannya jelas terlihat dari sisi luar yang sudah dilengkapi dengan bagian-bagian menonjol pada bagian luar produk yang berfungsi sebagai penyangga tiang-tiang huruf hijaiyah. Didalam sudah terdapat bagian-bagian huruf hijaiyah yang sudah disediakan untuk direkatkan pada tiang.

Juara 3 : Meupat Quality dari SMAN 10 Fajar Harapan

Meupat Quality. (Foto: Aldary Rachmadi/IT)

Produk dengan berbagai macam fitur ini dinamakan Meupat Qualiy (Meja Lipat Kualitas Ori) karya inovatif dari siswa-siswi SMAN 10 fajar harapan banda aceh dilengkapi dengan berbagai fitur unik yang dapat digunakan dalam satu meja belajar sekaligus. Dengan ukuran yang sama dengan meja lipat belajar pada umumnya, produk ini sudah dilengkapi dengan papan tulis yang terletak pada sisi luar dari produk yang dapat digunakan dengan menariknya keatas. Produk yang berbahan kayu ini dengan desain yang minimalis membuat produk ini mudah digunakan dan disimpan .[ZF]



Posting Komentar

 
Top