0
Seminar Umum Peran Geologi dalam Pembangunan Aceh, di Balee Keurukon Fakultas Teknik Unsyiah, Rabu(18/2). (Foto:Susi/IT)


Banda Aceh, IndustrialTimes.net – Mahasiswa teknik geologi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala Angkatan 2014 yang tergabung dalam Geologi Menyapa Angkatan (GEMPA) mengadakan seminar umum di Balee Keurukon Fakultas Teknik Unsyiah, Rabu (18/2).

Seminar yang bertemakan "Peran Geologi dalam Pembangunan Aceh" tersebut membahas tentang dasar-dasar ilmu geologi serta bidang geologi yang dibutuhkan oleh beberapa instansi pemerintah terutama di Aceh. Dimana, Ahli geologi turut berperan aktif dalam mengelola kekayaan alam yang ada di Aceh.

Aceh adalah tambang emas. Banyak sekali tambang emas yang belum tereksploitasi. “Jika tambang dibuka di Aceh, hasilnya tidak boleh diual mentah, minimal setengah jadi dan ahli geologi berperan untuk itu.” Ungkap IAGI Aceh, Faisal Adriansyah selaku pemateri.

Bukan hanya berperan dalam dunia pertambangan, ahli geologi juga ikut andil dalam beberapa instansi pemerintah. Seperti yang dipaparkan oleh Sugeng Jarot dari Dinas Pertambangan, dalam kuliahnya selaku pemateri kedua, “peran geologi dalam instansi yaitu di Dinas Pertambangan, Dinas Perkebunan dan Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata, Badan Lingkungan Hidup, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Badan Investasi dan Promosi”.

Selain dihadiri oleh mahasiswa teknik geologi dan perwakilan HMJ di Fakultas Teknik Unsyiah, Acara seminar ini Juga turut dihadiri oleh siswa dari beberapa sekolah yang ada di Banda Aceh yakni dari SMAN 10 Fajar Harapan, SMAN 2 Banda Aceh, SMA Lab School Unsyiah, SMAN 13 Banda Aceh, serta SMA 12 Banda Aceh, mereka didampingi oleh guru pendampingnya masing-masing.(GAS)

editor : (DIR)

Posting Komentar

 
Top