0
Teknik Lingkungan Akan Hadir di Unsyiah. (Foto:Istimewa)



Bogor, IndustrialTimes.net – DIKTI menginginkan kampus Unsyiah Gayo Luwes yang lebih dahulu membuka Prodi Teknik Lingkungan. Hal ini terkait dengan adanya peraturan yang membolehkan Pendidikan Diluar Domisili (PDD).

Sempat beredar wacana bahwa dosen Fakultas Teknik Unsyiah mendesak dibukanya prodi teknik lingkungan. Pada Kamis dua pekan lalu (8/1), Dekan FT Unsyiah memberikan penjelasan  tentang wacana tersebut. “Bukan dosen yang mendesak, kita memang merasa bahwa ahli lingkungan yang bisa mengawal proses pembangunan itu bisa lahir melalui ilmu lingkungan yang memang tidak autodidak,” ujar Mirza Irwansyah.

Selama ini di FT Unsyiah, ilmu lingkungan hanya dipelajari pada prodi teknik arsitektur, teknik sipil, dan teknik kimia. Ilmu lingkungan yang dipelajari pun hanya seputar disiplin ilmu yang terkait dengan masing-masing prodi sehingga ketiga prodi ini berwacana ingin menghadirkan prodi teknik lingkungan di FT Unsyiah.

Namun, DIKTI menginginkan Prodi Teknik Lingkungan dibuka terlebih dahulu di kampus Unsyiah Gayo Luwes. “Saat ini kami sedang fokus menunggu izin membuka prodi teknik lingkungan di kampus Unsyiah Gayo Luwes, sehubungan dengan adanya peraturan yang membolehkan PDD,” tutur Mirza.

Sejauh ini, kampus Unsyiah Gayo Luwes terdiri atas prodi Manajemen, FKIP Biologi, Agroteknologi, dan bila jadi nantinya akan ditambah Teknik Lingkungan. 

Mirza juga menambahkan bahwa karena bidang-bidang tersebut masih merupakan prodi, pihaknya masih mengupayakan secara bertahap agar prodi-prodi tersebut menjadi fakultas sehingga pelayanan yang diberikan lebih optimal dan bidang keilmuannya juga lebih berkembang. [AJCH]

Posting Komentar

 
Top