0




Surga Tersembunyi di Ujung Selatan Aceh (foto: lostpacker.com)



Meulaboh, IndustrialTimes.net- Tentu tidak ada yang menyangka, dibalik lebatnya rimba bukit barisan, ternyata aceh juga mempunyai gugusan surga laut yang luar biasa indahnya. ini mengigatkan kita betapa ragamnya wilayah aceh seakan merayu mata untuk bisa berimajinasi seakan disurga seperti yang terdapat  di Pulau Banyak kabupaten Aceh Singkil.

Kepulauan  ini merupakan salah satu destinasi favorit para wisatawan asing untuk menikmati keindahan alam laut Indonesia yang jarang dijumpai di Negara mereka. Kepulauan Banyak terbagi menjadi dua Kecamatan, pertama Kecamatan Pulau Banyak yang terdiri dari 3 desa yakni desa Pulau Balai, Pulau Baguk dan Teluk Nibung. kemudian ada Kecamatan Pulau Banyak Barat, yang terdiri dari 4 desa yaitu desa Haloban, Asantola, Ujung Sialit,dan Suka Makmur.Dari beberapa desa tersebut Haloban menjadi pusat perekonomian  pulau banyak barat, namun haloban masih dibawah desa Pulau Balai dari kecamatan Pulau Bnyak dalam urusan perekonomian. Tentu hal ini tak lepas dari keunggulan Pulau Balai sebagai titik terdekat dengan Singkil . Begitu juga fasilitasnya,Pulau Balai memiliki pelabuhan aktifitas transportasi feri singkil-pulau banyak.

 Dari beberapa desa yang ada di kecamatan Pulau Banyak Barat, Ujung Sialit memiliki sejarah tersendiri,karena kawasan ini merupakan satu-satunya hunian masyarakat beragama Kristen yang ada di kepulauan banyak. konon kisah awalnya mereka dipisahkan dari masyarakat pulau banyak dengan diberikan wilayah khusus agar tidak mendapat perlakuan deskriminatif oleh masyarakat pulau banyak (sebelum pemekaran pulau banyak barat) yang mayoritas beragama Islam.

Untuk menempuhnya, perjalanan panjang menjadi tangungan yang harus dipenuhi setiap pengunjung disana,bila menempuhnya dari Banda Aceh, maka kita akan menghabiskan waktu 15 jam perjalanan darat, hingga akhirnya sampai di Kota Singkil.Selanjutnya kita harus melanjutkan perjalanan mengunakan transportasi laut dari Kota Singkil menuju Pulau Balai. Kita bisa menggunakan transportasi kapal feri selama 4 jam, dengan tarif Rp.27.000/orang. Namun hanya pada hari selasa dan sabtu pukul 10.00 WIB, atau kita juga bisa menggunakan transportasi kapal tradisional nelayan dari Singkil menuju Pulau Balai,yang berangkat setiap hari pukul 09.00 WIB dengan tarif Rp.25.000/orang dengan waktu tempuh kurang lebih 3,5 jam.

Suatu pemandangan yang takjub ketika kita sampai di daratan balai tempat berlabuhnya feri,kita bisa merasakan betapa damainya masyarakat pulau banyak dengan jamuan bahasa jamu berlogat batak. Biasanya untuk wisatawan langsung diberi jalan oleh pemandu wisata yang ada di pelabuhan, dengan menawarkan jasa-jasa transportasi untuk menuju pulau-pulau yang ingin kita tuju.Namun bila kita ingin menginap terlebih dulu di pulau balai kita dapat menyewa penginapan dengan harga hanya Rp 50.000/ malamnya di penginapan putri.

Kepulauan banyak atau sering dikenal dengan sebutan pulau banyak memiliki 66 pulau ,namun dari jumlah tersebut ada beberapa tempat yang tentunya wajib untuk kita kunjungi dengan menawarkan kelebihan-kelebihan tersendiri.Berikut beberapa Pulau yang wajib untuk kita singgahi :

1.Pulau Tailana
                                     
                                   
Pulau Tailana (foto: palambakholidays)
Pulau Tailana adalah Pulau kecil yang terletak berdekatan dengan desa Haloban. Perjalanan dari Pulau Balai menuju Pulau Tailana memakan waktu 2 jam mengunakan robin dengan tarif Rp.100.000 ribu/orang. Hanya butuh waktu 20 menit kita bisa menikmati seluruh pantai pulau tersebut .tailana menawarkan pesona pasir putih dan laut yang luar biasa. Bahkan,keindahan bawah lautnya bisa kita nikmati dari atas permukaan laut tanpa harus menyelam. pulau tailana juga menawarkan keindahan sunrise yang terbit dari gugusan pulau-pulau dengan tingkat keindahan yang mungkin tidak dimiliki oleh wilayah lain. Di Pulau ini juga terdapat fasilitas penginapan bungalow dengan tarif Rp.150.000/hari, atau kita juga bisa bermalam dengan menggunakan kemah tanpa harus dipungut biaya. Bila anda ingin ke tailana ada baiknya untuk mempersiapkan bekal makanan terlebih dahulu, karena kantin penginapan hanya menyediakan nasi, dan itupun dengan tarif yang sangat tinggi.



2.Pulau Palambak
                                                            


Pulau Palambak (foto : palambakholidays)
Pulau Palambak merupakan pulau yang memiliki fasilitas memadai dibandingkan dengan pulau-pulau yang menjadi obyek wisata lainnya. Di Pulau ini juga terdapat bungalow dengan tarif Rp.250.000 + 3 kali makan /hari. Di Pulai ini kita juga bisa menikmati wisata kayaking dengan tarif Rp.140.000/hari. Pulau Palambak merupakan Pulau yang paling sering dikunjungi Wisatawan lokal maupun asing. Ongkos perjalanan dari Pulau Balai menuju Pulau Palambak adalah Rp.50.000/orang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.


3.Pulau Bangkaru
                                   
                                   
Pulau Bangkaru (foto: palambakholidays)
Pulau Bangkaru merupakan Pulau kedua terbesar setelah Pulau Tuangku yang terletak di ujung Barat Kepulauan Banyak.Tarif untuk mencapai Pulau Bangkaru sedikit mahal dibandingkan denga Pulau lainnya yaitu Rp.200.000/orang berhubung jaraknya yang jauh hingga menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam dari Pulau Balai. Di Pulau ini kita dapat melihat beberapa satwa langka yang menjadi daya tarik wisatawan, yaitu penyu Hijau,penyu Belimbing dan penyu Sisik. Kita juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya yaitu snorkeling,surfing dan swimming.

4.Pulau Sikandang


Pulau Sikandang (foto : palambakholidays)
Dengan hamparan pasir putih di sekelilingnya pulau ini mempunyai kelebihan sama seperti Pulau Tailana dengan menawarkan surga laut yang luar biasa .  Kita juga bisa menikmati karang hidup hanya berjarak satu meter dari bibir pantai. dengan biaya transportasi Rp 50.000/orang, kita bisa menjangkaunya dengan waktu kurang lebih satu jam dengan menggunakan robin.

Itulah beberapa tempat di Pulau Banyak yang wajib dikunjungi bagi anda yang tertarik untuk menikmati liburan di surga ujung selatan Aceh, dan masih banyak lagi Pulau-pulau menakjubkan lainnya yang patut dijadikan destinasi untuk liburan anda.[CUN IT]








Posting Komentar

 
Top