0
 Foto Bersama Seusai Pameran Ujian Akhir Semester Perancangan dan Pengembangan Produk Jum'at (9/1) di Fakultas Teknik Unsyiah. (Foto: TMJ)


Banda Aceh, Industrialtimes.net- Pameran perancangan dan pengembangan produk jurusan Teknik Industri Unsyiah telah terlaksana pada Jum'at (9/1) di Fakultas Teknik Unsyiah. Pameran yang bertemakan “Inovasi Alat Bantu Belajar Bagi Pendidikan Anak Usia Dini, Kaum Difabel dan Perguruan Tinggi,” yang diikuti oleh 17 Kelompok ini,  menampilkan inovasi produk hasil karya mereka pada pameran ini.

1. Kelompok PT. Manjanic 
Kelompok ini menampilkan produk sempoa hasil inovasi yang diberi nama Sempoa Aceh. Produk sempoa aceh adalah mainan edukatif berhitung anak SD dan TK yang mudah digunakan dan dipahami. Berbeda dengan produk sempoa pada umumnya, produk sempoa Aceh memiliki operasi perkalian dan pengurangan yang menarik. Sehingga anak TK dan SD tertarik menggunakannya.

2. Kelompok  PT. SNOPD ZHI
Kelompok ini menampilkan produk yaitu KABAR alias Kata Bergambar. Produk ini merupakan alat permainan edukatif menyusun kata dan angka yang  dapat membantu anak dalam mengenal kata dan angka, meningkatkan kreativitas anak, daya pikir serta meningkatkan interaksi sosial anak.

3. Kelompok PT. Indvation
Kelompok ini membuat inovasi produk berupa PANJIS (Papan Ujian Praktis), yaitu produk yang mengkombinasikan dua fungsi utama dari papan dan alat penyimpanan perlengkapan ujian (pulpen, pensil, dll.). Produk ini mengusung konsep “keep inovathink”. Dibuat dengan inovasi dari sebuah papan ujian yang menggabungkan fungsi alas ujian sekaligus penyimpanan alat tulis dibagian belakang papan. Hal ini yang menjadikan produk sangat bermanfaat bagi semua kalangan (akademis maupun umum). PANJIS juga sangat cocok bagi siapapun yang suka dengan hal-hal praktis.

4. Kelompok CV. RASS
Kelompok empat membuat produk Rass Box, yaitu sebuah kotak yang didesain dengan dilengkapi oleh laci penyimpanan lembar kerja F4, A4, atau folio pada sisi bawah dan tempat menyimpan alat tulis pada sisi atas. Sisi atas Rass Box ini sendiri dilengkapi dengan sekat-sekat untuk memudahkan dalam pengaturan tata letak alat tulis. Produk ini dibuat untuk kebutuhan mahasiswa agar peralatan tulis tidak berantakan (tercecer) serta menjaga lembar kerja penting dari kerusakan atau sobek saat dimasukkan kedalam tas. Teksturnya bersifat keras karena menggunakan material fiber. Produk ini anti air karena menggunakan bahan penambah karet dan memiliki pengait kunci yang aman. 

5. Kelompok PT. Like Corperation
Kelompok ini membuat inovasi produk dengan nama S-Playbox (Study Play Box) adalah sebuah kotak multifungsi yang diperuntukkan bagi anak-anak. Produk ini diciptakan oleh LIKE Corporation (Lembaga Inovatif Kreatif dan Edukatif).  S-Playbox  merupakan sebuah kotak yang dapat dibongkar pasang, terdiri dari meja belajar, papan permainan maze dan papan permainan lego. Papan-papan permainan itu berfungsi untuk membantu anak dalam belajar, mengingat, dan menajamkan analisa. Kotak ini juga dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan permainan-permainan, juga disuguhi dengan wallpaper yang menarik. 

6. Kelompok PT. Triadey Jaya
Kelompok ini membuat inovasi produk yang bernama RCP (Roller Colour Paint). Produk ini merupakan tabung penyimpanan spidol cair yang multifungsi dengan papan gambar yang dapat tergulung sendiri. Produk ini merupakan media edukasi yang membantu anak-anak untuk lebih gemar belajar terutama dalam menggambar dan mewarnai sehingga kreatif anak bisa berkembang.

7. Kelompok PT. GGS
Kelompok ini memilih mendesain produk Binder Multi Fungsi sebagai inovasi produknya, yaitu binder yang telah diinovasikan sehingga dapat berfungsi ganda sebagai tas. Pada binder ini terdapat kalkulator, kotak penyimpanan alat tulis, serta kotak berkas didalamnya. Kotak berkas yang terdapat pada binder tersebut dapat dijadikan tempat penyimpanan kertas-kertas hasil final, UTS, juga kuis. Sangat cocok dan praktis digunakan.

8. Kelompok PT. MED
Kelompok ini membuat inovasi produk untuk anak disleksia, berupa mainan edukasi disleksia, yaitu produk yang terdiri dari susunan huruf abjad dilengkapi dengan gambar dan kata-kata dari gambar tersebut yang dapat memudahkan anak-anak khususnya anak yang menderita disleksia dalam mempelajari abjad. Produk ini dilengkapi dengan alat bantu suara, agar anak-anak dapat membedakan huruf abjad yang bentuknya hampir serupa tapi tidak sama.

to be continuous. . .

Posting Komentar

 
Top