0
Zahrul Fuadi selaku PD II FT Unsyiah mengemukakan sistem pencairan dana kemahasiswaan pada Open Talk 3 yang dilaksanakan pada Balee Keurukon, Jumat (19/12). Zulfan Helmi/IT
Banda Aceh, IndustrialTimes.net – Guna menertibkan administrasi keuangan lembaga organisasi di lingkup Fakultas Teknik Unsyiah, Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Nasrullah RCL menyarankan suatu gebrakan baru. Masa bakti semua lembaga diharapakan berakhir pada bulan Desember.

Menurutnya, apabila semua lembaga masa bakti berakhir pada bulan Desember akan memudahkan dan menertibkan administrasi keuangan. Di lingkungan Unsyiah, sistem masa bakti berakhir pada bulan Desember telah diterapkan di Fakultas Ekonomi.

Manfaat apabila diberlakukan penerapan masa bakti berakhir pada bulan Desember akan mengurangi uang talangan yang diberikan. Uang talangan diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kebutuhan mendadak saat dana kelembagaan belum dapat dicairkan.

“Bila mau tertib kita lakukan perubahan, semua masa bakti berakhir pada Desember. Lembaga pemerintahan menerapakan penutupan buku keuangan pada bulan Desember, sedangakan kegiatan banyak pada bulan Januari hingga April.” ujar Nasrullah disela Open Talk 3 di Ruang Belee Keurukon, Jumat (19/12).

Bagi PD III, bertambahnya umur dari masa bakti lembaga saat ini tidak menjadi suatu masalah. Ia mengembalikan kepada Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) FT untuk menentukan keputusannya apakah akan berakhir pada bulan Mei 2015 ataupun Desember 2015.

“Itu tidak menjadi masalah. Semua kesepakatan terserah Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) FT Unsyiah,” ungkap Nasrullah.

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FT Unsyiah Yusrizal Muhidin setuju akan wacana yang diajukan oleh PD III. Menurutnya, dana menjadi faktor penggeraknya suatu lembaga.

“Sesuai Surat Keputusan (SK), berakhir masa bakti BEM FT itu bulan 5 ataupun saat pengurusan baru terbentuk. Kalau ini diterapkan akan menghilangkan kendala dana yang selalui cair pada akhir tahun. Namun itu kembali lagi ke KBM dan bisa dimusyawarahkan secara kekeluargaan,” ujar Yusrizal.[ZH]

Posting Komentar

 
Top