0
Limbah jeans jadi tas laptop. (Foto: dokumentasi UNY)
Jakarta, IndustrialTimes.net - Jeans merupakan atribut fesyen yang tak lekang dimakan zaman. Peminatnya pun beragam, tua muda baik pria maupun wanita. Namun, tahukah Anda jika limbah perca jeans menjadi sampah terbesar selain plastik?

Betapa tidak, usaha konveksi memproduksi busana dalam jumlah besar bahkan lebih dari 1.000 buah dalam satu kali produksi. Hal tersebut rupanya menginspirasi mahasiswa FMIPA UNY yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan untuk membuat inovasi baru.

Kelima mahasiswa tersebut memanfaatkan limbah kain perca jeans dan plastik untuk dijadikan tas laptop. Mereka adalah Ghosa Kurnia Fistika, Ismi Solikhatun, Fajar Mubarok, Erba Firstananda, dan Diah Intan Kusuma.

Ketua tim Ghosa menjelaskan, perkembangan teknologi laptop semakin mendominasi kehidupan masyarakat Indonesia terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Karena maraknya penggunaan laptop, perkembangan aksesoris yang berhubungan dengan laptop pun ikut berkembang, seperti tas laptop atau biasa disebut softcase. Sebuah inovasi diperlukan untuk mengurangi limbah jeans dan sampah plastik.

Pembuatan softcase JnP Craft tidak memerlukan waktu yang lama. Dalam hal ini bahan perca jeans digunakan sebagai lapisan luar dan limbah plastik yang berlapis alumunium foil dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil yang nantinya digunakan sebagai bahan pengisi dari softcase.

"Selain itu lapisan dalam dari softcase JnP Craft ini dilapisi dengan kain furing supaya ketika digunakan untuk menyimpan laptop tidak terjadi goresan yang dapat menyebabkan bekas di bagian casing laptop. Dalam proses pembuatan softcase JnP Craft ini kami bekerja sama dengan pengrajin limbah plastik di daerah Imogiri,” ujar Ghosa, seperti dinukil dari situs UNY, Kamis (12/6/2014).

Sementara itu, Ismi menjelaskan, softcase JnP Craft dipasarkan dengan harga bervariasi sesuai ukuran laptop. Mulai dari Rp60 ribu hingga yang paling mahal Rp80 ribu.

"Untuk ukuran laptop 10 inch dibanderol dengan harga Rp60 ribu, kemudian Rp70 ribu untuk ukuran laptop 12 inch, dan Rp80 ribu untuk ukuran laptop 14 inch. Dalam hal ini target yang dibidik adalah kalangan pelajar dan mahasiswa," urai Ismi.

Ismi menyebut, promosi dilakukan melalui media internet, yaitu facebook (JnP Craft), twitter (@JnP_Craft), olx.co.id yang dulunya tokobagus.com, instagram (@JnP_Craft), dan blog www.jnpcraft.blogspot.com). Promosi melalui media internet ini dimaksudkan untuk mempermudah transaksi jual beli. Selain melalui media internet, kami juga melakukan promosi secara personal.

"Softcase JnP Craft sudah diproduksi tahap pertama dengan jumlah 15 tas. Desain pada produksi tahap pertama ini bertema bunga. Produksi ini dilakukan untuk menganalisis minat pasar. Pemasaran produk ini ditampilkan dalam Pameran Kreatif Inovatif UNY yang diselenggarakan pada Mei lalu di GOR UNY," tutupnya.[okezone]

Posting Komentar

 
Top