0
Gereja Vatikan. Foto: kenraggio.com
Banda Aceh, IndustrialTimes.net - Untuk pertama kalinya dalam sejarah, doa dan bacaan dari Al Quran akan diperdengarkan di Vatikan pada hari Minggu. Pembacaan kitab suci umat Islam ini merupakan bagian dari langkah Paus Fransiskus untuk mengantarkan perdamaian antara Israel dan Palestina.

Paus juga mengundang Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas dalam kunjungannya pekan lalu ke Yordania, Israel, dan Otoritas Palestina. Dalam acara doa bersama itu, Paus, Abbas, dan Peres akan bergabung dengan para pemimpin agama Yahudi, Kristen, dan Islam.

Pejabat Takhta Suci Vatikan menyatakan doa bersama yang akan digelar pada malam hari itu akan menjadi apa yang disebutnya "jeda dalam politik". 

Namun, ia menegaskan acara ini tidak memiliki tujuan politik selain untuk menghidupkan kembali keinginan untuk menghidupkan perdamaian Israel-Palestina pada tingkat politik dan populer, demikian dilansir Associated Press.

Menurut rencana, Vatikan akan menyiarkan acara itu secara liveuntuk pemirsa di seluruh dunia.

Namun, tak semua menyambut baik acara ini. Pierbattista Pizzaballa, salah satu pimpinan umat Katolik di Palestina, pesimis acara ini akan bisa mencapai tujuan yang dimaksud. 

"Tak seorang pun akan berpikir bahwa damai secara serta merta akan terjadi para hari Senin (setelah doa bersama dihajat hari Minggu)," katanya. [Tempo.co]

Posting Komentar

 
Top