0
Google cafe.
Banda Aceh, IndustrialTimes.net - Meskipun Google lahir dan besar di negara non-muslim, namun raksasa internet asal Amerika Serikat ini tetap menyambut gembira datangnya bulan suci Ramadan.

Bahkan, sebuah aplikasi khusus telah disiapkan oleh Google untuk mempermudah kaum muslimin menunaikan ibadahnya di bulan puasa nanti. Aplikasi hub yang saling terhubung ini diberi nama Google Cafe Ramadan.

"Dengan Google Cafe Ramadan ini memudahkan orang untuk saling bersilaturahmi, berkumpul bersama. Itu sangat penting. Agar semua aktivitas bisa efisien," kata Krishna Zulkarnain, Country Marketing Manager Google Indonesia, saat memperkenalkan fitur baru itu di gedung MD Entertainment, Jakarta.

Google Cafe Ramadan merupakan rangkaian layanan yang biasa kita temui di Google, mulai dari Google Calendar, Google HangOut, Google Maps, Google Keep, serta YouTube.

"Hub Google Ramadan ini isinya plan together, get together, eat together dan enjoy together," kata Khrisna antusias.

Layanan ini sejatinya bukan barang baru di Google dan diakui sudah pernah diluncurkan saat Ramadan tahun lalu. Namun kata Khrisna, waktu itu layanannya masih bersifat sederhana.

"Sekarang sudah banyak fitur update. Khusus untuk hub kali ini, Google menambahkan layanan pencarian lokasi dan rute khusus untuk mudik. Produk ini memanfaatkan layanan Google Maps," katanya.

Selain fitur untuk mudik, Google juga tak ketinggalan ikut mempromosikan channel-channel populer di YouTube yang berisikan tutorial untuk santap sahur maupun berbuka puasa.

Dalam kesempatan ini, Google ikut mengundang duet koki kondang dari Kokiku.tv untuk mendemonstrasikan langsung menu-menu favorit yang disukai oleh pemirsa channel di YouTube.

"Google Cafe Ramadhan ini baru resmi kami luncurkan sehari sebelum puasa nanti, 27 Juni. Sekarang kita kasih preview duluan supaya orang tahu bahwa layanan ini mobile-friendly dan bisa sangat mobile customize. Hub ini bisa di-download di smartphone dan tablet iOS dan Android," pungkas Krishna. [detik]

Posting Komentar

 
Top