1
Nasrul Hadi aktivis Sobat Bumi Aceh memegang mangrove yang siap untuk ditanam (foto: Sobat Bumi Aceh)
Aceh Barat, IndustrialTimes.net - Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Pahlawan Nasional Teuku Umar yang ke-115 Sobat Bumi Aceh melakukan penanaman 1000 Mangrove pada hari Minggu (9/2/14)di Desa Kuala Bubon, kecamatan Sama Tiga, Aceh Barat.

Acara penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu rangkaian acara haul Teuku Umar yang diselenggarkan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dan Ikatan Pemuda dan Mahasiswa Aceh Barat (IPELMABAR) sejak tanggal 1sampai dengan 15 Februari 2014.

Pada acara penanaman mangrove tersebut turut dihadiri oleh Kadis Kebudayaan, pariwisata, dan olah raga yang mewakili Bupati Aceh Barat, ketua umum Ipelmabar Zulkifli Andi Govi, ketua Sobat Bumi Aceh Mirdha Fahlevi SI, dan duta mangrove Aceh Martunis.

“Pentingnya melestarikan hutan mangrove di Tanoh teuku Umar sebagai penyeimbang ekosistem pesisir,” ujar Kadisbudparpora, Siswanto pada sambutannya.

Sementara ketua umum Ipelmabar, Zulkifli Andi Govi mengatakan sangat bermanfaat penanaman Mangrove di Kuala Bubon yang sudah terkena abrasi.

Sedangkan ketua Sobat Bumi Aceh, Mirdha Fahlevi SI mengatakan upaya penanaman mangrove sangat penting karena akan berdampak secara ekologi dan ekonomi. “Secara ekonomi hutang mangrove dapat dimanfaatkan sebagai hutan wisata, pengolahan hasil mangrove menjadi berbagai makanan” ujar Mirdha.

Acara yang bertema Seribu mangrove untuk tanoh Teuku Umar tersebut ditanam secara simbolis oleh Kadisbuparpora dan kemudian diikuti oleh sejumlah peserta acara. [zh]

Posting Komentar

 
Top