Mahasiswa Tertembak, Semua Kampus Negeri Madagaskar Tutup | Industrial Times

0
Penembakan (ilustrasi)
Madagaskar, IndustrialTimes.net - Semua kampus universitas negeri di Antananarivo, ibu kota Madagaskar, tutup sehari pada Kamis (16/1/2014). Pemicunya, para mahasiswa solider dengan insiden kekerasan saat unjuk rasa beberapa waktu lalu. Aksi itu pun berbuah tewas tertembaknya satu orang mahasiswa.

Menurut warta AP , insiden terjadi saat demo mahasiswa digelar pada Jumat (10/1/2014). Lokasinya di Universitas Mahajangan.

Kala itu mahasiswa berunjuk rasa soal kesejahteraan mahasiswa terkait tempat tinggal. Dalam kejadian itu, polisi menembakkan gas air mata. Ada dugaan polisi juga menggunakan peluru tajam.

Catatan menunjukkan, 11 mahasiswa terluka. Dari jumlah itu, satu orang meninggal dunia.

Sementara itu, ada 12 mahasiswa ditangkap polisi lantaran unjuk rasa itu. "Kami menuntut agar rekan-rekan kami dibebaskan," demikian salah satu petisi yang menjadi tuntutan unjuk rasa di bawah koordinasi gerakan mahasiswa (SECES).

Sementara itu, Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset sudah memerintahkan penutupan Universitas Mahajanga selama sebulan. Kementerian juga meminta Rektor Zafera Rabesa Antoine membenahi kondisi universitas itu.


Sumber: Kompas

Posting Komentar

 
Top