Karya Tulis Mahasiswa Unsyiah, Tembus 10 Besar Nasional | Industrial Times

0
Pengumuman yang dirilis oleh 9th Indonesian Students Mining Competition & 1st South East Asian Students Mining Competition (ISMC 9 & SEASMC 1) Foto: istimewa
Banda Aceh, IndustrialTimes.net – T.M.Aulia Fatah dan rekannya Titan Septiansyah mahasiswa semester III Teknik Pertambangan Unsyiah angkatan 2012, mengikuti 9th Indonesian Students Mining Competition & 1st South East Asian Students Mining Competition (ISMC 9 & SEASMC 1). Perlombaan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Tambang ITB (HMT-ITB) tersebut menjadikan karya tulis ilmiah mahasiswa Unsyiah lolos ke 10 besar.

“Alhamdulillah berkat kuasa Allah, kami berhasil masuk kedalam nominasi 10 besar finalis paper kontes tingkat nasional, dan pada tanggal 8 Februari 2014 akan berangkat ke ITB untuk mempersentasikan di depan para juri,” ujar T. M. Aulia Fatah.

Menurut Aulia, karya tulis yang berjudul 'Ancaman Merkuri terhadap lingkungan di Aceh', terinspirasi dari permasalahan pertambangan yang terjadi di sekitar. Umumnya perusahaan tambang skala kecil di Aceh, menambang dengan cara yang tidak sesuai standar. Lebih membahayakan lagi, mereka mengolah batuan emas yang mereka tambang dengan menggunakan merkuri.

Dalam perlombaan tersebut tema yang ditentukan ialah Hilirisasi di Industri Pertambangan Indonesia,dan tim Unsyiah mengambil sub tema K3 dan lingkungan tambang dari 7 subtema yang di sediakan.

Aulia juga mengharapakan, dengan karya tulis ilmiah yang ia perlombakan ini dapat menjadi bahan edukasi sekaligus dapat mengharumkan nama Unsyiah di tingkat nasional.

“Semoga kami bisa mengharumkan nama Unsyiah, serta dapat membanggakan  Fakultas teknik dan Teknik Pertambangan Unsyiah pada khususnya,” ujar Aulia. [ua]

Posting Komentar

 
Top