Aceh Butuh Banyak Teknokrat | Industrial Times

0
Study excursie yang dilaksanakan oleh HMTI Unsyiah mengunjungi PLTU Sektor Pembangkit Nagan Raya pada Senin (16/12) melibatkan 53 mahasiswa Teknik Industri Unsyiah (Foto: Dirga F. Razie)
Nagan Raya, IndustrialTimes.net – Akan dibukanya sejumlah proyek pembangkit listrik di Aceh membuka peluang untuk lulusan teknik untuk bekarya. Hal tersebut diungkapkan oleh T. Khaldun selaku manager PLTU Sektor Pembangkitan Nagan Raya pada kata sambutannya saat menerima mahasiswa Teknik Industri Unsyiah saat melakukan study excursie pada Senin (16/12).

“Kedepannya PLN akan membuka sejumlah proyek seperti pembangunan pembangkit listrik yang baru,dan itu merupakan kesempatan bagi mahasiswa yang berminat berkarir di PLN. Kami sangat welcome adanya kegiatan study excursie ini,dengan adanya kunjungan seperti ini mahasiswa dapat membuka cakrawala akan dunia teknik yang sesungguhnya,” ucap T. Khaldun, yang juga merupakan alumni Teknik Mesin Unsyiah.

Kegiatan study excursie  seperti ini, menurut T. Khaldun sangat berperan penting bagi perkembangan mahasiswa. Terlebih, mereka para calon tenaga kerja yang handal yang kelak terjun di masyarakat, diharuskan untuk memiliki bekal ilmu secara matang dan wawasan yang bersifat praktis.

Ketua Jurusan Teknik Industri Unsyiah, Dr .Hasan Yudie Sastra, DEA  juga sepakat bahwa Aceh membutuhkan lulusan teknik yang siap dalam bekerja. “Study excursie sangat efektif dan memberi masukan ilmu secara praktis kepada mahasiswa, bahkan bisa sekaligus menyaksikan proses kerja maupun produksi perusahaan yang bersangkutan. Sehingga mahasiswa setelah lulus nantinya tau bagaimana bisa mengabdi bagi daerahnya,” imbuh Dr .Hasan Yudie Sastra, DEA.

Selain itu dalam kunjungan ke PLTU Nagan Raya yang berkapasitas 2x110 MW tersebut, ke 53 mahasiswa dapat mempelajari bagaimana proses pembangkitan listrik yang berasal dari tenaga uap. Mulai dari bahan bakar yang diperlukan,turbin uap (steam turbine), boiler (steam generator), pompa-pompa (pumps), dan juga kondensor. Sehingga, mahasiswa bisa memadukan ilmu teoritis yang telah diperoleh didalam perkuliahan selama ini. Hal itu sangat berguna saat mereka lulus kelak maupun memasuki dunia kerja atau industri.

Dalam kunjungan tersebut diakhiri dengan makan siang dan foto bersama di area kantor PLTU,penyerahan plakat diserahkan oleh panitia pelaksana kunjungan kepada T. Khaldun. tlm

Posting Komentar

 
Top