TPBI Bukanlah Salah Satu Jalur Masuk Ke Unsyiah | Industrial Times

0
Tugu Unsyiah @Zulfan Helmi/IndustrialTimes
Darussalam, IndustrialTimes.net - Pendaftran online program Test Penjajakan Bidang Ilmu (TPBI) telah dimulai 28 Oktober hingga 21 November 2013. Ujian tulis untuk program yang dikoordinir oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara (P-SPMBN) ini akan berlangsung secara serentak pada 24 November 2013.

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan salah satu tempat yang ditunjuk untuk melaksanakan ujian tulis pada tanggal tersebut. Meskipun demikian, pendaftaran online program ini hanya dilakukan langsung melalui laman P-SPMBN, yaitu www.spmb.or.id. Sementara pembayaran uang pendaftaran dapat dilakukan sejak 28 Oktober hingga 20 November 2013.

Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc, selaku ketua panitia penerimaan mahasiswa baru di Unsyiah tahun 2013 mengungkapkan bahwa, TPBI ini hanya merupakan ujian penjajakan bidang ilmu siswa. Setelah mengikuti ujian ini, siswa diharapkan mempunyai gambaran yang jelas untuk mencocokkannya dengan pilihan yang akan diambil saat mengikuti SNMPTN dan SBMPTN di tahun 2014 nanti.

“Kami ingin menekankan bahwa TPBI ini bukanlah salah satu jalur masuk ke Unsyiah. Jadi, meskipun siswa memperoleh nilai tertinggi dari ujian tulis ini, bukan berarti bahwa siswa tersebut telah diterima menjadi mahasiswa baru Unsyiah tahun 2014,” kata Darusman.

Selama ini, kata dia, banyak sekali pendapat yang keliru berkembang di tengah-tengah masyarakat tentang TPBI ini. Banyak yang mempertanyakan, mengapa nama mereka tidak terdaftar sebagai mahasiswa yang telah diterima Unsyiah, padahal nilai TPBI mereka tinggi. 

Namun demikian, nilai TPBI ini tetap menjadi salah satu pertimbangan Unsyiah untuk kelulusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) nanti. Jadi, dapat dikatakan bahwa nilai tinggi hasil TPBI dapat membantu siswa untuk masuk Unsyiah melalui jalur SNMPTN, namun tidak berarti bahwa nilai tinggi tersebut telah menjamin siswa untuk masuk ke Unsyiah. [] (mrd) 
Sumber: atjehtoday.com

Posting Komentar

 
Top