Membludaknya Peserta Kuliah Tamu Teknik Industri | Industrial Times

0
Dr. Ir. Anas Ma’ruf hadir memberikan kuliah umum Pengantar Teknik Industri @Nabila Yudisha/IndustrialTimes.net
Darussalam, IndustrialTmes.net – Kuliah Tamu yang digelar Program Studi Teknik Industri bersama HMTI Sabtu (9/10) pukul 09.00 WIB di aula Teknik Kimia berlangsung sukses. Bahkan ada beberapa peserta yang terpaksa duduk atau mendengarkan kuliah dari luar ruangan karena minimnya kapasitas ruangan.

Kuliah Tamu bertajuk “Pengantar Teknik Industri” hari ini disampaikan oleh Dr. Ir. Anas Ma’ruf, dosen bidang Ilmu Sistem Produksi dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam kuliahnya, Anas menyampaikan bahwa Teknik Industri merupakan ilmu tentang perancangan, perbaikan, dan pemasangan sistem terintegrasi dengan penggunaan pendekatan analitik, komputasional, dan eksperimen.

Anas juga menjelaskan perbedaan Teknik dengan fakultas lainnya, yaitu implementasi langsung dalam kehidupan nyata. Teknik Industri juga harus memapu merancang sistem dan mengkoordinasi kerja sama antar Teknik lain dalam sebuah tim. Selain itu, Teknik Industri bukanlah Ekonomi Teknik, karena Ekonomi mencatat dan membukukan keuangan yang sudah terjadi, sedangkan Teknik Industri mengestimasi biaya yang akan dikeluarkan untuk sebuah proyek.

Saya senang melihat mahasiswa Teknik Industri Unsyiah yang langsung bisa memberikan solusi dari masalah yang saya berikan dengan pendekatan ilmu yang sesuai dengan bidang dan kompetensi kita sebagai Teknik Industri. Saya menyarankan mahasiswa TI agar banyak mengikuti seminar dan lomba-lomba karena akan membuka wawasan tentang bagaimana TI diluar lingkungan kita juga memotivasi kita untuk membiasakan diri menjadi kreatif dan peka terhadap lingkungan sekitar. Selain itu, beranikan diri untuk berbicara didepan umum karena TI harus bisa bekerja sama dengan orang lain.” Ujar pria yang mengenakan batik bewarna cream itu. rdl

Posting Komentar

 
Top