Akses Internet Bisa Capai 10Gbps dari Lampu LED | Industrial Times

0
ilustrasi lampu led dan laptop terkoneksi internet (sumber: digitaltrends.com)
London, IndustrialTimes.net -  Setelah sebelumnya ilmuwan asal China berhasil mengembangkan media untuk mendukung koneksi internet baru melalui bohlam lampu LED, terkini peneliti di Britania Raya pun turut mendalami teknologi tersebut.

Disebut sebagai teknologi LiFi yang memiliki fungsi menyerupai jaringan WiFi, hanya saja perbedaannya menggunakan spectrum elektromagnetik visual.

Belum lama ini peneliti Inggris memanfaatkan teknologi LiFi melalui bohlam lampu micro-LED dengan kecepatan transfer data hingga 10 Gbps, seperti dilaporkan oleh BBC. Selain itu, warna putih yang dipancarkan oleh bola lampu ini bisa diubah juga menjadi warna merah, hijau, dan biru. Nah, setiap warna dasar itu mampu memberikan kecepatan koneksi sampai dengan 3,5 Gbps.

Sayangnya, sebagaimana disadur dari Softpedia, Sabtu (2/11/2013) panjang gelombang yang dipancarkan oleh teknologi LiFi ini belum mampu menembus dinding. Sehingga, orang yang berada di balik dinding ruangan yang berbeda tidak dapat menikmati berselancar di dunia maya menggunakan layanan LiFi. zh

Posting Komentar

 
Top