Tips Persiapan Sebelum Bertanding Futsal | Industrial Times

0

Darussalam, IndustrialTimes.net - Jadi, Anda akan bertanding? Kompetisi, sparing, sampai rekreasi? Yang manapun itu tetap perlu persiapan. Anda tak mau kan momen-momen ‘ngelindur’ di lapangan kembali terulang? Berikut langkah yang perlu Anda perhatikan.

Persiapan Fisik
Persiapan fisik selalu penting, Anda dengan riwayat gangguan jantung tak disarankan untuk berolahraga berat seperti futsal. Sedangkan bagi yang tak ada riwayat semacam itu, tetap saja perlu persiapan beberapa jam sebelumnya, apalagi buat Anda yang jarang berolahraga rutin, bertanding futsal ibarat pepatah ‘berenang-renang ke hulu, berakit-rakit ke tepian’. Sakitnya bakal terasa besok paginya! Makanya, persiapan fisik ekstra dibutuhkan untuk performa prima. Ini dia yang perlu Anda perhatikan:

1. Perhatikan makan sebelum bertanding.
Hindari makan-makanan berat 3 jam sebelum bertanding. Pengalaman saya makan pada waktu-waktu tersebut menyulitkan gerak dalam permainan. Selain perut panas, rasanya tak punya energi seperti biasanya. Seolah terkuras semua untuk pencernaan,

2. Jika harus makan, konsumsi buah yang mengenyangkan seperti pisang dan apel.

3. Hindari minuman berenergi.
Minuman berenergi biasanya memiliki kadar kafein tinggi. Untuk yang satu ini, saya nekat mencobanya. Bukannya berenergi, jantung malah berdegup lebih keras dan ltubuh cepat lelah. Hal yang sama berlaku untuk kopi.

4. Lakukan pemanasan 2 jam sebelumnya.
Ini cukup berguna bila sesampainya di lapangan kita tinggal pemanasan ringan dan sudah siap bertanding. Anda bebas dari cedera, dan tubuh terasa lebih mudah dikendalikan

Persiapan Mental
Secara bahasa mental berarti batin atau jiwa. Dalam olahraga kaitannya sangat erat dengan kemampuan berpikir dalam pertandingan. Bukankah orang yang kelainan mental dikarenakan telah rusak kapasitas otaknya? Nah, maka dari itu untuk Anda yang masih meraba-raba makna persiapan mental berikut langkah-langkahnya:

1. Lakukan persiapan fisik dengan benar, karena turut mempengaruhi mental.

2. Dua jam sebelum Anda benar-benar masuk lapangan, ALIHKAN PIKIRAN dari futsal.
Mengapa demikian? Saat Anda membayangkan permainan sebelum pertandingan sesungguhnya, otak akan melakukan simulasi yang melibatkan syaraf-syaraf tubuh. Otak menganggapnya peristiwa sungguhan. Hal ini terbukti dalam sebuah penelitian ilmiah (Physical Intelligence, Tony Buzan). Artinya apa? OTAK AKAN KELELAHAN DI SAAT MULAI PERTANDINGAN! Maka jangan heran, orang yang terlalu bersemangat sebelum masuk lapangan, membayangkan dirinya bermain berjam-jam sebelumnya, tiba-tiba mengalami sindrom ‘amnesia’ di lapangan. Apa yang dibayangkan sebelumnya malah tidak keluar semua.

3. Jaga sikap tubuh selama pertandingan setegap mungkin.
Pemain yang menunduk lebih mudah kehilangan ketenangan dikarenakan tidak dapat memantau situasi dan kondisi lapangan yang sebenarnya.

Itu dia persiapan penting yang perlu Anda lakukan. Selamat bertanding! ua

Posting Komentar

 
Top