Makna Sumpah Pemuda | Industrial Times

0
Selamat Hari Sumpah Pemuda! Setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia selalu bersemangat menyambut peringatan Sumpah Pemuda. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan Sumpah Pemuda? Bagaimana sejarah adanya sumpah pemuda? Berikut penjelasannya.

Sejarah Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan suatu peristiwa ketika pemuda-pemudi Indonesia yang tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) merumuskan dan mengikrarkan keinginan dan harapan yang kuat untuk bersatu menjadi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda dirumuskan melalui tiga kali rapat. Rapat yang pertama, tanggal 27 Oktober 1928 bertempat di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplen (Sekarang Lapangan Banteng). Dalam rapat ini, dibicarakan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kebersatuan bangsa Indonesia. Rapat yang kedua, tanggal 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop, dibicarakan mengenai pendidikan. Rapat terakhir sekaligus rapat penutup bertempat di Jalan Kramat Raya 106, membahas tentang nasionalisme dan demokrasi. Pada rapat terakhir ini juga sekaligus dibacakan ikrar sumpah pemuda.

Isi Sumpah Pemuda
Naskah sumpah pemuda ditulis oleh Mohammad Yamin dengan menggunakan ejaan Van Ophuysen dan di bacakan oleh Soegondo. Berikut isi tulisan Mohammad Yamin,
Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Memaknai Sumpah Pemuda
Hal yang perlu dipahami adalah Sumpah Pemuda bukan hanya sekedar ikrar yang kita hafal dengan baik. Namun Sumpah Pemuda ini memiliki kekuatan magis yang diharapkan dapat membangun jiwa nasionalisme pemuda-pemudi Indonesia. Karena pemuda-pemudi Indonesia adalah harapan terbesar kemajuan bangsa. Andai kita dapat menyisihkan waktu sejenak untuk merenung dan memahami lebih dalam makna dari ikrar sumpah pemuda ini, maka pemuda-pemudi Indonesia pasti bersatu dan bersama-sama membangun bangsa.

Semoga dengan peringatan Sumpah Pemuda ini, pemuda-pemudi Indonesia dapat membangun rasa nasionalisme yang tinggi dalam diri masing-masing dan membangun negeri dengan sepenuh hati. Mari meneladani semangat pemuda-pemudi Indonesia 85 tahun silam. rdl

Posting Komentar

 
Top