Lifestraw, Si Kecil Penyelamat Dunia | Industrial Times

0
Langsung sedot dari sumber air (Foto: intash.com)
Banda Aceh, IndustrialTimes.net - LifeStraw adalah alat portable filter air yang dirancang oleh Vestergaard Frandsen Company di Swiss. Vestergaard Frandsen merupakan sebuah perusahaan industri di Eropa berbasis Internasional yang bergerak dibidang kemanusiaan dan mengkhususkan diri dalam tanggap darurat atas permasalahan yang kompleks. Vestergaard Frandsen banyak sekali  membuat produk-produk untuk berbagai pengendalian penyakit.

Alat yang terlihat kecil dan sederhana ini (Lifestraw)  ternyata salah satu alat yang dapat menyelamatkan dunia, dikarenakan mampu memberi manfaat yang sangat besar bagi mereka yang kekurangan air bersih. Dengan menggunakan lifestraw, air mentah ataupun air kotor dapat lansung dikonsumsi tanpa membuat peminumnya menjadi sakit. Alat ini mampu menghilangkan 99,9999% bakteri yang menular melalui air, 99,99% virus, dan 99,9% parasit. Penyakit-penyakit yang dapat dicegah meliputi difteria, kolera dan diare.

Lifestraw memiliki ukuran dimensi panjang 31 cm dan diameter 30 mm, dengan harga penjualan berkisar Rp.200.000- sampai Rp.1.000.000-. lifestraw diproduksi dengan dua model yaitu model personal filter yang memiliki kapasitas 700 liter air  dengan masa pakai satu tahun dan model family yang memiliki kapasitas 18.000 liter air dengan masa pakai dua tahun.

Lifestraw adalah alat yang sangat mudah digunakan yaitu hanya dengan mengisap air secara regular melalui life straw, tidak beda jauh dengan pengunaan pipet minuman yang sehari-hari kita gunakan.

Inovasi-inovasi yang diberikan oleh LifeStraw sangat mengesankan sehingga alat ini dinobatkan sebagai salah satu temuan terbesar di tahun 2005 versi Time Magazine dan juga memenangkan Index Award untuk inovasi di bidang desain yang secara signifikan memperbaiki hidup manusia. Kelompok-kelompok amal dunia banyak yang memburu Lifestraw untuk disumbangkan, selain karena bentuknya yang efisien juga karena harganya yang relatif murah.
Remaja Afrika mencoba LifeStraw (Foto: saycheers.com)
Lifestraw banyak digunakan dengan mengkombinasikan dengan penyediaan dan sumur-sumur bagi masyarakat agar lebih mudah berkontribusi langsung secara signifikan bagi krisis air global yang kita hadapi. Dan juga menjadi cara yang jitu untuk mengatasi kebutuhan mendesak akan air oleh para korban bencana alam seperti angin badai, gempa bumi dan lain-lain. am

Posting Komentar

 
Top