Debat Calon Ketua BEM Unsyiah 2013 Tampilkan Jati Diri Kandidat | Industrial Times

0
Panggung Debat Calon Ketua BEM Unsyiah 2013, @NabilaYudisha/IndustrialTimes
DarussalamIndustrialTimes.net – Jelang pemira Unsyiah yang dijadwalkan 30 Oktober 2013, enam orang kandidat Calon Ketua BEM Unsyiah mengikuti debat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Raya (KPR) Pemira Unsyiah 2013, Sabtu (26/10/13). Acara dimulai dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB bertempat di Lapangan Tugu Unsyiah. Debat berlansung aman, namun 10 petugas keamanan tetap dikerahkan untuk mencegah terjadinya kericuhan.

Acara debat Calon Ketua BEM Unsyiah 2013 tersebut dihadiri oleh DR. T. Rusli Yusuf, M.Pd, pembantu rektor bidang kemahasiswaan, pembantu dekan bidang kemahasiswaan tiap fakultas. Debat juga dihadiri dua orang Panelis yaitu, Saifuddin Bantasyam SH, MA, Direktur Pusat Studi Perdamaian dan Resolusi Konflik Unsyiah dan Dr. rer. nat. Ilham Maulana, Kepala Humas Unsyiah.

Acara diawali dengan sesi penyampaian visi-misi  yang diberi waktu tiga menit untuk setiap kandidat. Para Calon Ketua BEM Unsyiah 2013 berusaha mengungkapkan beragam visi-misi nya untuk kemajuan Unsyiah dan diikuti oleh  teriakan pendukungnya masing masing yang turut hadir meramaikan acara.

Keenam calon Ketua BEM Unsyiah 2013 tersebut yaitu, M. Ridho Rahman (FT), Irwansyah Putra (FKIP), Azwar M Jafar (FP), M. Chaldun (FK), Ridha Mafdhul (FT), Zulfitra (FISIP). Namun masih ada empat calon lagi yaitu  Fadhil (FT), Basyaruddin Acha (FKIP), Mirdha Fahlevi (FE), dan Ikhwan Reza (FT) tidak dapat hadir dalam debat Ketua BEM Unsyiah 2013.

Saifuddin Bantasyam selaku panelis debat menyampaikan beberapa kriteria yang harus dimiliki kandidat, “Ketua BEM Unsyiah 2013 tidak cukup dengan pintar saja, tapi juga harus mampu mempengaruhi dan dimengerti orang lain” ungkapnya.

Selain itu Saifuddin juga mengkritisi visi-misi dari kandidat. Beliau berpendapat bahwa kandidat masih kurang memahami maksud dari kata visi dan misi, dikarenakan banyak kandidat yang menyampaikan  visi sebagai misi ataupun sebaliknya bahkan ada yang  tidak mempunyai visi . Beliau berharap hal ini tidak terulang di debat Calon Ketua BEM Unsyiah yang akan datang. Namun beliau tetap mengucapkan selamat kepada kandidat karena sudah berani mencalonkan diri sebagai Ketua BEM Unsyiah 2013.

Sesi selanjutnya yaitu tanya jawab yang diajukan oleh panelis, Saifuddin sebagai panelis pertama mengajukan pertanyaan mengenai kejelasan dan kesiapan visi-misi dari kandidat dan juga menanyakan perihal Tridarma perguruan tinggi serta menganjurkan kandidat juga mempunyai visi-misi dalam membentuk jiwa kewirausahaan  mahasiswa.

Kemudian panelis kedua, Ilham Maulana mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan utama di kampus Unsyiah dan bagaimana membuat beragam fakultas dan lembaga yang ada di Unsyiah dapat bersatu. Untuk Pemira 2013 mendatang beliau mengutip dua ayat terakhir Al – Insyirah dan mengharapkan para kandidat untuk melakukan yang terbaik, walaupun yang menjadi pemenang hanya satu kandidat.

Acara diakhiri dengan Close Statement dari tiap kandidat dan pelepasan burung merpati sebagai tanda damai Pemira Unsyiah 2013. am 

Posting Komentar

 
Top