Dimarcia Technica | Industrial Times

0
Dr. Ir. Wesli, MT. salah satu pencipta Mars Teknik @Zulfan Helmi/IndustrialTimes.net
Mahasiswa Teknik mana yang tidak hafal dan tidak bisa menyanyikan lagu Mars Teknik? Mars yang turun temurun menjadi lagu wajib yang harus diketahui dan diajarkan kepada mahasiswa baru ini memang sebuah lagu dengan nada yang bersemangat sehingga menyenangkan untuk dinyanyikan. Namun tahukah kalian bagaimana kronologis dan sejarah lagu Mars Teknik yang ternyata berjudul “Dimarcia Technica” diciptakan? Industrial Times berkesempatan untuk mewawancara langsung bapak Dr. Ir. Wesli, MT salah satu dari dua pencipta lagu Mars Teknik, berikut wawancaranya:

I. [Industrial Times]: Kapan Mars Teknik diciptakan?
W. [Dr. Ir. Wesli, MT ]: Mars Teknik diciptakan pada tahun 1988.

I.: Boleh diceritakan kronologisnya terciptanya Mars Teknik?
W.: Saat itu, kebetulan saya dan Ir. Razuardi, MT. baru saja menyelesaikan kuliah dan sedang menunggu acara wisuda dilaksanakan. Kami saat itu ingin sekali memberikan hadiah kepada Fakultas Teknik, namun keuangan sedang kurang baik dan kami saja baru menyelesaikan skripsi. Maka kemampuan yang kami miliki saat itu adalah bermusik. Terpikirlah untuk membuat Mars Teknik dengan judul ‘Dimarcia Technica’.

I.:  Jadi judul Mars Teknik sebenarnya adalah Dimarcis Technica?
W.: Iya. Itu adalah judul asli Mars Teknik. Selain itu, kami juga menciptakan lagu Hymne Teknik yang berjudul “Tegarlah Teknikku” yang pernah dinyanyikan tahun 2003. Setelah itu, Hymne Teknik memang tidak seterkenal Mars Teknik.

I.:  Kapan pertama kali Mars Teknik dinyanyikan?
W.: Pada saat wisuda lokal tahun 1988 yang juga menjadi wisuda lokal pertama yang hingga kini rutin dilaksanakan di kampus Teknik.

I.:   Dimana bapak menciptakan Mars Teknik?
W.: Mars itu kami ciptakan di kost-an saya di daerah Taman Siswa. Kebetulan Ir. Razuardi, MT. adalah mahasiswa asal Banda Aceh, dan kami latihan sebanyak tiga kali sebelum akhirnya tampil. Saat itu, karena alat band sangat langka. Kami menyanyikannya menggunakan gitar milik saya sebagai musik pengiring. Ada satu cerita lucu saat kami akan latihan lagu tersebut. Saat itu, teman-teman sudah memegang lirik lagu yang akan dinyanyikan dan saya kebetulan terlambat datang saat itu. Ketika saya datang, teman-teman langsung menyanyikannya dengan berbagai versi. Barulah setelah itu kami latihan agar lebih seragam.

I.:    Berhembus kabar, irama Mars Teknik sempat berubah. Benar?
W.: Setelah pertama kali kami nyanyikan. Saya mengajarkan lagu kepada adik letting. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, mahasiswa yang bisa membaca not balok pun semakin langka, maka irama Mars Teknik semakin berubah sedikit demi sedikit. Hingga pada 2002, Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC. mengabarkan bahwa irama sudah berubah terlalu jauh, maka saya mengumpulkan kembali mahasiswa dan melatih ulang hingga saat ini lagu yang dinyanyikan sudah seperti yang asli saya dan Ir. Razuardi, MT. buat.

Begitulah hasil wawancara Industrial Times dengan Dr. Ir. Wesli, MT, salah satu pencipta Mars Teknik. Sudah sepatutnya kita mengetahui sejarah lagu yang menjadi kebanggan setiap Aneuk Teknik dan dinyanyikan hampir di setiap event yang diadakan di Teknik tersebut. (rdl/zh)

Posting Komentar

 
Top