Tips Mudik Lebaran Aman, Nyaman dan Menyenangkan | Industrial Times

0

Ilustrasi mudik. Foto www.gatra.com
Bagi sebagian mahasiswa, libur kuliah telah dilalui sejak sebelum puasa. Namun banyak juga mahasiswa yang berinisiatif untuk menunda sejenak liburannya demi mengambil semester pendek. Nah, bagi mahasiswa yang mengambil semester pendek, saat ini ialah masa mudik lebaran. Namun sebagai mahasiswa, kita patut cermat dalam mempersiapkan mudik agar semuanya berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips mudik lebaran:

  1. Persiapakan barang secukupnya. Hal yang perlu diingat adalah bahwa kalian memang mudik lebaran pulang ke kampung halaman, namun bukan berarti tidak kembali lagi untuk berkuliah. Maka bawa barang secukupnya saja, tidak perlu terlalu banyak karena hanya akan menyulitkan kalian menjaganya. Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah menyusun barang di travel bag dengan baik agar tempatnya dapat digunakan dengan maksimal. 
  2. Periksa keadaan kendaraan dengan teliti. Sebagian pemudik memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi selama mudik karena alasan kepraktisan. Tidak masalah, namun pastikan bahwa kendaraan dalam keadaan baik, semua perlengkapan keamanan tersedia, dan patuhi semua peraturan lalu lintas agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas. Karena berbeda dengan supir bus/travel yang biasa melewati jalur mudik, kita adalah mahasiswa yang keseharian mengendarai motor hanya di kota saja.
  3. Pastikan keamanan barang yang ditinggalkan.Selama kita mudik, kamar kos/rumah kontrakan akan kita tinggalakan. Sebaiknya bawa pulang barang-barang berharga yang memungkinkan, sisanya bisa dititipkan pada ibu kos/tetangga dekat rumah. Karena tidak ada yang menjamin barang-barang yang kita tinggalkan tidak dicuri/dirusak orang. Selain itu, saat keluar rumah, pastikan tidak ada alat elektronik yang terhubung dengan aliran listrik agar menghindari kebakaran karena arus pendek dan kunci pintu dengan teliti. Kewaspadaan kita bisa memberikan banyak masalah.
  4. Siapkan oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman. Untuk kalian yang masih memiliki sisa sedikit uang saku, sebaiknya membelanjakan uang tersebut untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tidak perlu yang mahal, sebagai tanda saja bahwa kita ingat kepada mereka, dan menunjukkan bahwa kita anak rantau yang mandiri, buktinya bisa menyisihkan uang saku untuk membeli oleh-oleh. Keluarga senang, kita pun turut bahagia.
Semoga bermanfaat. Selamat mudik, dan selamat samapi tujuan!(ind/rdl)


Posting Komentar

 
Top