Timphan, Kue Tradisional Khas Aceh Lembut dan Enak | Industrial Times

0
Timphan. Foto : Al Muttaqin
Timphan adalah salah satu makanan ringan khas tradisional Aceh. Timphan biasanya dibuat pada saat hari lebaran, acara adat, syukuran dan bahkan pesta. Timphan memiliki bentuk seperti persegi panjang, legit, dan manis. 

Timphan memiliki beberapa jenis, jenis ini dibedakan oleh isi dari timphan itu sendiri. Kebiasaannya, timphan dibuat dengan berisikan srikaya ataupun kelapa yang sudah diolah dengan gula. Kalau untuk rasa tak perlu diragukan lagi kelezatannya, hampir semua kalangan masyarakat Aceh menyukai yang namanya timphan baik itu anak – anak, remaja maupun orang dewasa. Ketika kita hendak mencoba timphan, ada baiknya ditemani oleh teh hangat karena akan menambah sensasi kelezatan timphan itu sendiri.

Cara pembuatan timphan tergolong sederhana dan murah, yang dibutuhkan sebagai bahannya adalah tepung, santan, pisang, telur, gula pasir, garam dan bahan lainnya yang ingin ditambahkan sesuai selera. Dari bahan – bahan tersebutlah kita dapat membuat adonan timphan. Setelah adonannya selesai, kita dapat membuat timphan dengan cara membungkusnya kecil – kecil berbetuk persegi panjang dengan menggunakan daun pisang yang telah diolesi oleh minyak goreng, jangan lupa timphannya harus diisi terlebih dahulu dengan srikaya, kelapa atau bahkan lainnya sesuai selera dan kemudian timphan dikukus beberapa saat. Kenapa daun pisangnya harus diolesi dengan minyak goreng? Agar pada saat kita membuka timphan tersebut daunnya tidak lengket atau menempel dengan timphan itu sendiri. Yang pastinya keuletan pembuat timphan ini juga harus diperhatikan agar dapat menghasilkan timphan yang sesuai dengan keinginan. (Al Muttaqin)

Posting Komentar

 
Top