Tips Mengisi Waktu Luang Dibulan Ramadhan | Industrial Times

0
Selamat sore para pembaca setia Industrial Times! Bulan Ramadhan kini tengah kita jalani. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk menjalaninya. Mudah-mudahan maksimal ya ibadah kita semua.
© Industrial Times/Raihan Dara Lufika
Bulan Ramadhan tahun  ini datang bersamaan dengan libur semester para mahasiswa, kecuali bagi mereka yang memutuskan untuk mengikuti Semester Pendek (SP). Kebanyakan mahasiswa memiliki banyak waktu luang, jangan sampai waktu luang itu kita habiskan hanya dengan malas-malasan atau tanpa kegiatan apa pun. Puasa memang menyehatkan, tapi kalau kita terlalu banyak melakukan kegiatan outdoor dengan keadaan cuaca yang terlalu panas, bisa menimbulkan penyakit juga lho. Berikut penulis akan membagikan tips mengisi waktu luang di bulan Ramadhan.

  1. Memperbanyak ibadah. “Bulan Ramadhan adalah bulan umatku” kata Rasulullah. Setiap kegiatan di bulan Ramadhan dihitung sebagai amal ibadah lho! Bahkan tidur sekalipun. Namun perlu diketahui pula bahwa beribadah pun dilipat gandakan pahalanya. Isilah waktu luang dengan membaca Al-Qur’an, dan sempatkan pula membaca terjemahannya agar lebih memahami maksud ayat tersebut. Sempatkan juga untuk Sholat Dhuha ya!
  2. Berkumpul bersama keluarga. Bulan Ramadhan merupakan waktu yang spesial untuk bercengkrama dengan anggota keluarga. Gunakan waktu itu untuk melakukan kegiatan bersama keluarga dan sekalian bernostalgia tentang  kecil dulu.
  3. Membaca buku. Ini saatnya kita mengembangkan inner-self kita dengan banyak membaca buku. Ada banyak sekali buku bagus yang telah diproduksi saat ini. Dengan berbagai macam genre kita bisa memilih sendiri buku mana yang cocok sama kita. Menambah pengetahuan dan juga wawasan.
  4. Menonton film. Walau katanya di bulan Ramadhan sebaiknya jangan banyak melakukan hal-hal duniawi, namun sesekali menonton film tidak jadi masalah kok. Hanya saja, pilihlah film yang sesuai dengan suasana ramadhan agar puasa kita tidak batal. Kita harus menjaga pandangan juga dan jangan salah, banyak film-film saat ini yang berbasis pendidikan atau nasionalis yang bagus-bagus. Jadi, sekalian mengisi waktu luang, juga menambah rasa nasionalis kita.

Nah pembaca, segini dulu tips dari penulis. Semoga bermanfaat dan bisa membantu para pembaca mendapatkan alternatif mengisi waktu luang selama bulan Ramadhan. Selamat berpuasa! (ind/rdl)

Posting Komentar

 
Top