Kafilah Unsyiah Peringkat 3 Besar MTQ Mahasiswa Nasional XIII | Industrial Times

1
T. Safril Nizam
Padang — MTQ Mahasiswa yang merupakan ajang 2 tahunan dari Ditjen Pendidikan Tinggi ini diikuti oleh 1.416 kafilah dari 127 PTN dan PTS di Indonesia akan berlomba di 12 cabang perlombaan yang dinilai oleh 88 orang dewan hakim yang dipusatkan di kampus Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP). Persaingan ribuan kafilah di Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Maha­siswa Nasional XIII berlangsung sengit. Pemenang MTQ telah diu­mum­kan dalam agenda penu­tu­pan pada Jumat (28/6) ma­lam di GOR H Agus Salim Padang.

Unsyiah kembali menoreh sejarah baru dalam catatan prestasi untuk Aceh. Tahun ini, terbilang tahun yang cukup prestatif jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Betapa tidak, tahun ini Aceh menduduki peringkat 3 besar dalam posisi juara umum MTQM-Nas 2013. Ada beberapa posisi yang berhasil mendulang piala kemenangan untuk Aceh, ada juga yang berhenti di babak penyisihan dan partai final. Item yang berhasil tersebut adalah juara 1 lomba hifzil qur’an 1 juz, juara 3 hifzil qur’an 2 juz dan juara 2 debat kandungan Al – Qur’an dalam bahasa inggris. Mahasiswa yang mewakili Unsyiah merupakan perwakilan mahasiswa dari lintas fakultas.

Tak ketinggalan T. Safril Nizam salah satu mahasiswa Teknik Industri Unsyiah mengikuti pada cabang lomba debat kandungan Al-Qur’an bahasa arab. Cukup membanggakan mengetahui bahwa salah satu kafilah Aceh untuk MTQM – Nas merupakan mahasiswa Teknik Industri Unsyiah yang jurusannya saja belum lama bertengger di Jantong Hatee rakyat Aceh , namun telah berani mengepak sayap prestasi sejauh ini. Ini kali pertama Safril mengikuti kompetisi sekaliber MTQ ini. Namun, bersama partnernya Mirdha Pahlevi, mereka mampu mewakili Unsyiah sampai ke ajang MTQM-Nas 2013. Pada babak penyisihan, tim Unsyiah langsung berhadapan dengan tim UIN Syarif Hidayatullah. Sayangnya, momen ini mengakhiri perjuangan tim Unsyiah dalam cabang debat bahasa arab MTQM-Nas 2013. Kesempatan itu berakhir pada motion yang diartikan dalam bahasa Indonesia “Negara ini tidak memperbolehkan menggunakan hak pilih dalam pemilu”. Mahasiswa yang akrab disapa Safril ini telah memberikan kemampuan terbaiknya, hanya saja lawan yang dihadapi cukup tangguh dengan jam terbang pengalaman yang sangat mumpuni. (ind/rr)

Posting Komentar

  1. congratulation to unsyiah!
    congratulation to my friend 'Safril'

    BalasHapus

 
Top